Daftar Top 10 Event di Kota Bandung Tahun 2023

Daftar Top 10 Event di Kota Bandung Tahun 2023
Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung meluncurkan Bandung Calendar of Event (COE) Tahun 2023 di éL Hotel Royale Bandung pada Senin, 7 November 2022./ istimewa

HALOBDG.com – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung meluncurkan Bandung Calendar of Event (COE) Tahun 2023 di éL Hotel Royale Bandung pada Senin, 7 November 2022.

Launching Bandung Calendar of Event (COE) ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung untuk memperkenalkan event-event yang akan diselenggarakan di Kota Bandung selama tahun 2023 mendatang.

Selain memperkenalkan berbagai event yang akan diselenggarakan di tahun 2023, kegiatan ini juga
diselenggarakan dengan tujuan untuk menarik wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisata mancanegara melalui destinasi wisata event-nya.

Baca juga: Agenda Bandung Calendar of Event 2023 Hadirkan 10 Event Unggulan dan 78 Acara Pendukung

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Bapak Arief Syaifudin menyampaikan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung telah melakukan kurasi atau pemilihan event yang sesuai dengan kriteria.

Tahun 2023 mendatang, terdapat 78 event pendukung dan 10 top event sebagai promosi pariwisata di
Kota Bandung. Selanjutnya dari event yang terpilih nanti juga akan diajukan masuk Kharisma Event Nusantara (KEN).

Berikut top 10 event di Kota Bandung tahun 2023:

  1. Playlist Love Festival (Februari 2023)
  2. Now Playing Festival (Maret 2023)
  3. Festival Bakso Juara (Maret 2023)
  4. Trade Mark Market Festival (April 2023)
  5. Asia Africa Festival (Mei 2023)
  6. Bandung Art Mounth (Agustus 2023)
  7. Bandung Great Sale (September 2023)
  8. Bandung Angklung Festival (Oktober 2023)
  9. The Papandayan Festival (Oktober 2023)
  10. Kickfest (November 2023)

Selain itu, pada kegiatan launching Calendar of Event (COE) ini dilakukan pula penandatanganan dukungan dari mitra pariwisata untuk berbagai kegiatan di tahun 2023.

Mitra pariwisata tersebut terdiri dari 1. PT Wings Indonesia, PT Eigerindo Multi Group Bandung, Ms Glow Clinnic Bandung, Bank BJB, Hijab Mandja, Maxx Coffee, Grab Jawa Barat, dan 23 Paskal Shooping Center.

Kemudian dilakukan pula soft launching Tourism Board Tourist Information (TIC) Center di 23 Paskal Shopping Center yang merupakan kolaborasi antara Disbudpar dan PT. Wings Indonesia dan 23 Paskal Shopping Center, dan penyerahan secara simbolis alat Angklung Toel dari Grab Jawa Barat kepada KPJ.

Bandung Calender of Event (COE) Tahun 2023 diluncurkan langsung oleh Wali Kota Bandung, Kang Yana Mulyana. Dalam sambutannya, Kang Yana menyampaikan bahwa penyelenggaraan event merupakan langkah penting untuk memulihkan ekonomi daerah di masa pandemi.

Kang Yana juga mengatakan bahwa upaya peningkatan geliat pariwisata bukannya tanpa kendala, karena suasana krisis global berpotensi mengurangi kunjungan wisatawan asing.

Namun, Kang Yana optimis Calendar of Event 2023 bisa menjadi alternatif bagi wisatawan dari negara-negara yang tidak terlalu terpengaruh resesi global seperti di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Bapak Sandiaga Uno juga turut hadir dan menyampaikan sambutan secara virtual.

Sandiaga Uno menyampaikan apreasiasinya kepada Pemerintah Kota Bandung yang sudah meluncurkan Bandung Calendar of Event (COE) Tahun 2023.

Kemenparekraf berkomitmen untuk mendukung event-event berkualitas dalam upaya memperkenalkan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia sebagai daya tarik wisata ke dunia, serta memperkuat branding wonderful Indonesia.

Selain itu, acara Launching Bandung Calender of Event Tahun 2023 juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bandung, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Forkopimda Kota Bandung, para asisten dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bandung, Ketua Kadin Kota Bandung, Ketua Dekranasda Kota Bandung, ASITA Jawa Barat, mitra pariwisata, akademisi, dan komunitas.

Acara ini juga turut dimeriahkan oleh Dea Mirella, Sarwana Thamrin, dan Victoria Margareta Analeu.
Acara ini diselenggarakan secara hybrid, sehingga masyarakat Kota Bandung dapat menyaksikan kegiatan ini melalui akun media sosial resmi milik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung yakni Youtube This is Bandung.

Diharapkan dengan adanya Bandung Calendar of Event dapat membantu memulihkan perekonomian Kota Bandung, khususnya disektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Semoga acara-acara yang diselenggarakan di tahun mendatang dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan harapan dan rencana. (*)