Rumah Seni Ropih Bandung, Pelopor Penjual Lukisan di Kawasan Braga

Rumah Seni Ropih Bandung, Pelopor Penjual Lukisan di Kawasan Braga
Rumah Seni Ropih di Braga, Kota Bandung. (Source: bandung.go.id)

HALOBDG.com   Di kawasan Jalan Braga Kota Bandung banyak hal menarik selain deretan bangunan heritage dan wisata kuliner. Salah satunya terdapat  lukisan yang menarik perhatian di sepanjang jalan.

Bagi kamu yang saat jalan-jalan di kawasan braga ini pasti akan mudah menemui banyak penjual lukisan di sepanjang jalan. Pelopornya yaitu Rumah Seni Ropih Bandung. pendirinya seniman asal Bandung, yakni Abah Ropih pada tahun 2000-an.

Bacaan Lainnya

Sejak masa kolonial Belanda, Braga sudah menjadi pusat keramaian, belanja, hiburan, dan juga seni budaya. Bahkan hingga sekarang, jalan ini pun menjadi objek wisata menarik. Banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke kawasan ini.

Baca juga: Misi Braga Kembali Jadi Wisata Populer di Kota Bandung

Banyaknya turis menjadi salah satu pendorong penjual lukisan di Braga bermunculan. Selain faktor keterbatasan biaya untuk mengadakan pameran karya seni buatan sendiri hingga akhirnya mebuat pameran di jalanan.

Menurut Tata (45), pengelola Rumah Seni Ropih menerangkan, penjualan lukisan di Jalan Braga berdasarkan keinginan untuk membuat pameran seni, namun terkendala dana.

“Berawal dari niat untuk menunjukkan lukisan sendiri. Namun untuk menunjukkan di pameran saat itu terkendala oleh dana karena pameran memerlukan banyak biaya. Sehingga muncullah ide untuk melakukan pameran di jalanan yaitu di Jalan Naripan depan Gedung Sarinah,” papar Tata dikutip dari laman bandung.go.id.

“Kemudian Abah Ropih mengajak seniman lain untuk ikut menunjukkan dan menjual karyanya hingga merambah di sepanjang Jalan Braga,” tambah dia.

Baca juga: Mengenal Kampung Wisata Sejarah dan Budaya Kekinian di Braga Kota Bandung

Pedagang & Seniman Lukis di Braga

Hingga akhirnya penjualan lukisan di kawasan Braga Bandung ini pun berkembang dan bertambah para penjualnya. Hingga saat ini terdapat sekitar 10 pedagang lukisan, dengan jumlah seniman hingga ratusan.

Kawasan Braga, Kota Bandung terpilih sebagai tempat berjualan lukisan karena memiliki nilai sejarah bagi seniman di Kota Bandung.

“Pementasan seni pertama di Bandung pun dilaksanakan di Braga, sehingga Abah Ropih memilih Braga untuk berjualan lukisan,” ujar Tata.

Baca juga: Kampung Wisata dan Co-Working Space Braga Resmi Beroperasi

Adanya penjual lukisan di Jalan Braga, Kota Bandung, membuat lebih banyak masyarakat menjadi tertarik dengan lukisan. Bahkan hingga menarik perhatian turis mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, hingga Eropa.*

Pos terkait