35 Tempat Kuliner Paling Hits di Bandung, Makanannya Enak dan Asyik Buat Nongkrong

tempat makanan enak dan hits di bandung
Ilustrasi makanan enak/pixabay

Lagi mencari tempat kuliner murah di Bandung? Yuk simak rekomendasi tempat makan paling hits dan enak di Bandung berikut ini.

HALOBDG.com – Bandung merupakan salah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Berbagai destinasi wisata menarik dan tempat makan enak ada di Bandung.

Bacaan Lainnya

Hadirnya wisata  kuliner dengan berbagai tempat makan yang enak  di Bandung tentunya untuk memanjakan para wisatawan.

Sehingga pengunjung yang datang ke Bandung merasa betah dan ingin Kembali lagi.

Destinasi kuliner di Bandung ini menawarkan menu lezat dengan tempat yang nyaman dan instagramable.

Baca juga: Food Street Valkenet Taman Malabar Jadi Barometer Wisata Kuliner Halal Kota Bandung

Selain itu, Bandung juga memiliki sederet kafe sekaligus tempat nongkrong yang menjadi destinasi utama anak muda hingga para pelancong.

Apalagi para milenial menjadikan kafe sebagai tempat nongkrong hits untuk berkumpul bersama sahabat, teman atau pacar.

Tak heran banyak kafe baru di Bandung bermunculan bak jamur yang mengikuti tren masa kini.

Sebagai referensi, berikut beberapa rekomendasi kafe dan restoran hits dan enak di Bandung yang cocok buat nongkrong

Tempat Makan Hits dan Enak di Bandung

1. Herbal House Herbs and Eatery

Mengusung konsep kekayaan rempah Indonesia, Herbal House Herbs and Eatery siap memanjakan lidah pengunjung dengan makanan yang lezat dan tentunya sehat.

Kafe ini laris karena konsepnya yang unik. Bangunan mirip rumah ini berlokasi di Jalan Sumur Bandung. Nuansa heritage bisa langsung terasa ketika pertama kali menginjakkan kaki di sini.

Herbal House Cafe fokus pada ragam menu makanan yang pengolahannya menggunakan herbal-herbalan.

Tempat makan enak di Bandung ini punya lebih dari 18 varian makanan berat dan ringan yang lezat dan mengenyangkan.

Antara lain, Rotisserie Chicken, Braised Lamb Shank Herbal, Beef Burger ala Herbal House, Nasi Goreng Kecombrang, dan Nasi Herbal Special 7 Rempah.

Paling populer Rotisserie Chicken yang terbuat dari potongan daging ayam yang dipanggang cukup lama.

Untuk membuat sajian ini lebih lezat, sang juru masak menggunakan ragam herbal seperti rosemary dan daun basil.

Daging ayam yang empuk berpadu dengan bumbu herbal yang mendominasi membuat sajian ini cocok disantap semua kalangan.

Tidak lupa dicocol dengan saus khusus bercita rasa asam, pastinya buat yang makan ketagihan.

Tidak cuma makanan, di sini juga ada ragam minuman yang menyegarkan, sebut saja Green Juice, Orange Ginger, dan Kopi Herbal.

Pengolahan semua menu dengan cara yang sehat dan higienis. Seluruh makanan dan minuman mulai Rp 20 ribu-Rp 150 ribu.

Baca juga: Cita Rasa Wisata Kuliner Tanpa Asap Rokok di Kota Bandung

2. Dandy’s Steak & Coffee House

Punya rasa yang otentik, daging wagyu meltique jadi jawara dari Dandy’s Steak & Coffee House. Restoran yang menyajikan ragam steak bercita rasa lezat dan sulit terlupakan.

Menggunakan daging premium, kualitas dagingnya tentu tidak main-main. Restoran ini menggunakan jenis daging meltique untuk semua menu steak.

Bukan tanpa alasan, daging meltique dikenal punya tekstur yang empuk dan kenyal, namun harganya masih terjangkau.

Di sini ada beberapa jenis daging meltique yang bisa dipilih, yaitu tenderloin, sirloin, rib eye, dan wagyu. Konsumen bisa memilihnya sesuai selera dengan sausnya yang begitu khas.

Dari banyaknya menu yang ditawarkan, jawaranya adalah steak platter ukuran jumbo yang bisa untuk empat orang. Satu porsi steak platter berisikan daging meltique tenderloin, sirloin, dan rib eye.

Lalu, mashed potato dan kentang goreng beserta sayuran melengkapi hidangan spesial itu. Untuk sausnya, Dandy’s steak menyajikan tiga saus berbeda, yakni mushroom, blackpaper, dan smoke barbeque yang dimasak dengan aroma vanila.

Dengan banyaknya kondimen, seporsi steak platter dibanderol Rp 499 ribu. Tentunya ini cukup mengenyangkan dan memuaskan para pecinta daging steak.

Baca juga: Teras Braga, Tempat Kuliner Murah di Bandung yang Wajib Dicoba

2. Non Kitchen & Coffee

Tempat makan enak di Bandung

Mengusung desain interior klasik dengan sentuhan modern, Non Kitchen & Coffee wajib jadi salah satu kafe pilihan milenial. Kafe di Jalan Ahmad Yani No. 2, ini juga mengusung rasa otentik khas Bandung.

Konsep kafe ini lebih klasik tapi ada sentuhan modern. Ada fasilitas karaokenya juga.

Non Kitchen & Coffee bertujuan meramaikan dunia kuliner yang menjadi ciri khas Kota Bandung sebagai kota kuliner.

Beberapa penawaran menu untuk pasar kalangan pelajar dan mahasiswa.

Dengan varian menu dan harga Rp15.000- Rp50.000 memungkinkan milenial dapat hang out tempat makan enak di Bandung di kafe ini, karena pas di kantong pelajar dan mahasiswa, dengan total 30-40 menu nusantara sampai western.

Beberapa menu andalannya seperti Mariam Mercedes (Rp15.000), Ayam Noni Geprek Gibrig Mozarella (Rp 27.000-Rp30.000), Salmon Grill Noni (Rp50.000-Rp75.000), Ice cream marshmallow (Rp20.000), hingga Salad buah (Rp 25.000).

Untuk jam operasional, kafe yang bisa menampung 100 penunjung ini beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB.

Di sini juga ada fasilitas NS Beauty Salon dan Barbershop, serta ada juga NS Collections yang merupakan online shop khusus untuk fashion.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Kuliner di Bandung yang Ramah Untuk Anak-anak

4. Bebek Cenghar

Berburu tempat makan enak di Bandung memang tidak ada habisnya. Hampir segala jenis hidangan kuliner lezat, jajanan, dan cemilan yang terkenal enak bisa kamu temui.

Seperti juga tempat makan enak di Jalan Tata Surya No. 44 Metro Bandung yang menyajikan aneka menu Bebek spesial, antara lain Bebek Rempah Hitam, Bebek Kremes, Bebek Penyet serta Bebek Jomblo.

Selain Bebek, juga ada sambal khas Bebek Cenghar. Terdapat pula kol goreng krispi yang akan melengkapi santapan.

Harga menu Bebek Cenghar mulai Rp26 ribu sudah termasuk nasi, sambal, dan kol goreng. Selain Bebek, disajikan juga aneka menu ayam yang tidak kalah lezat.

Baca juga: Kamu Mau Ke Bandung? Kuy Makan di 4 Tempat Unik dan Instagramable Paling Hits Ini

5. Warung Nasi Bu Eha

Berlokasi di dalam pasar Cihapit, Warung Nasi Hj Eha menjadi salah satu tempat makan enak. Warung Nasi Hj Eha merupakan warung nasi legendaris di Bandung.

Warga Bandung mengenalnya dengan nama Warung Nasi Ma Eha.

Kios berukuran sedang itu menjajakan aneka makanan Sunda. Bentuk warungnya sederhana, dengan menu makanan dan sajian dengan gaya prasmanan.

Ada macam-macam menu kuliner, mulai olahan pepes, telur bumbu rendang, gepuk, tahu-tempe, ayam goreng, dan sebagainya.

Yang mengundang perhatian, pada sudut dinding warung terdapat foto Presiden Soekarno, Ridwan Kamil, dan guntingan artikel koran yang memuat kisah warung ini.

Lalu, pada etalase kaca ada foto istri pertama Soekarno, Hartini dan Guruh Soekarno Putra beserta perempuan yang merupakan pemilik warung nasi itu.

Generasi kedua Warung Bu Eha menuturkan warung ini sudah buka sejak 1947 oleh ibunya yakni Enok, menjadi warung makan dengan pelanggan pada zaman Agresi Militer Belanda 1.

Dari dulu masakannya gak jauh dari sekarang, ada bistik, setup, aneka sup. Paling terkenal dari Warung Nasi Bu Eha adalah gepuknya yang begitu legendaris.

Resepnya yang turun temurun membawa gepuk Ma Eha jadi ciri khas rumah makan ini. Menyesuaikan lidah warga lokal, masakan bistik dan setup tidak lagi tersedia.

Perihal keluarga Soekarno, anak-anaknya dan istri Soekarno rupanya sering makan di sini, Guntur dan Guruh (anak pertama dan ketiga Soekarno-Fatmawati) saat masih jadi mahasiswa.

Tidak cuma keluarga presiden pertama saja, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil juga datang untuk mencicipi masakan Ma Eha, saat masih menjabat Wali Kota Bandung.

Pada masa kejayaannya, Warung Nasi Ma Eha juga jadi favorit para mahasiswa. Kampus-kampus beken, seperti ITB, Unpad, dan Unpar jadi langganan pembelinya.

Baca juga: Pecah Kopi, Tempat Ngopi di Bandung dengan Nuansa Tradisional Budaya Nusantara

6. Kedai Ikan Bakar Sambal Pesisir

Jika tengah berlibur di Bandung dan kepengin makan seafood, ada begitu banyak pilihan restoran yang menyajikan menu tersebut.

Salah satunya, Kedai Ikan Bakar Sambal Pesisir dengan andalan ragam olahan ikan yang lezat.

Di sini ada lebih dari 10 jenis ikan yang diolah menjadi beraneka ragam masakan.

Restoran keluarga ini cocok menjadi pilihan menyantap ikan laut yang segar dengan olesan sambal pedas gurih yang membuat ketagihan.

Ketika berkunjung ke Ikan Bakar Sambal Pesisir, aroma daging ikan yang dibakar akan membuat perut siapapun keroncongan.

Ikan Bakar Sambal Pesisir sudah buka sejak 2009 di Jalan Simpang Dago. Tahun 2016, membuka kedai ruko pertamanya di Jalan Cilaki dan cabang kedua terletak di Jalan Buah Batu No. 282, Cijagra.

Untuk ikannya sendiri, ada banyak pilihan ikan laut yang segar. Antara lain Ikan Pesisir, Baracuda, Cermin, Baramundi, Talang, Cakalang, Kakap, Bawal Laut, Bawang Bintang, Baronang dan Kerapu.

Jika biasanya ikan akan diolesi bumbu atau digoreng lebih dulu agar cepat matang, ikan di sini justru full dibakar. Ikan yang masih fresh dibakar selama 20 menit untuk menghasilkan daging ikan yang matang sempurna.

Tidak cuma ikannya saja yang juara, karena tersedia juga sambal dadak yang tidak kalah lezat.

Ada dua jenis sambal pesisir, sambal merah dan sambal hijau yang dibuat dari bahan rempah seperti serai, bawang merah, dan cabai merah rawit, dan cabai hijau.

Harga yang ditawarkan untuk seporsi ikan cukup terjangkau. Kedai Ikan Bakar Sambal Pesisir buka setiap hari.

Baca juga: Loko Coffee Shop, Tempat Nongkrong Cozy yang Kekinian di Stasiun Bandung

7. Sushi No Mori

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sushi No Mori (@sushinomori.bdg)

Sushi, kudapan asal Jepang yang mendunia kerap jadi pilihan makan siang yang mengenyangkan. Terbuat dari nasi Jepang yang dikepal dengan nori, sushi memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

Kalau biasanya sushi terdiri atas varian ikan, bagaimana bila sushi hadir varian khas Sunda?

Dinamakan Sundanesse Sushi, menu unik ini jadi signature dari restoran Sushi No Mori di Jalan RE Martadinata.

Ada 7 varian sushi Sunda yang tidak asing bagi warga Bandung, khususnya. Sebab, menu-menu ini biasa ada di rumah makan Sunda yang kini dikreasikan dengan sajian khas Jepang.

Menu-menu itu antaranya, sushi pencok leunca, sushi pencok kacang panjang, sushi ulukutek leunca, sushi genjer, sushi lotek, sushi ikan asin, dan sushi koneng (sushi nasi kuning).

Selain itu, Sushi No Mori juga menghadirkan minuman yang tak kalah unik; Matcha Peuyeum dan Mikuru Peuyeum. Lagi-lagi makanan tradisional coba diangkat dalam rangka menu khas Sunda.

Ragam varian sushi Sunda dan minuman peyeum dibanderol harga mulai Rp 36 ribu-Rp 50 ribu.

Baca juga: Kafe Unik, Kopi Truk Bandung Sajikan Makan dan Ngopi di Atas Truk

8. Street Grill & Friends

Kudapan steak selalu menjadi primadona apabila menginginkan kuliner lezat dengan potongan daging premium yang menggugah selera.

Di Bandung ada restoran yang menjual ragam menu steak yang enak, namun tak merogoh kocek dalam, yakni Street Grill & Friends.

Restoran di Cihampelas ini buka sejak Februari 2017, steakhouse yang mengusung konsep casual dining ini menawarkan berbagai sajian western. Sebut saja, pasta, pizza, sandwich, dan tentunya steak yang lezat.

Uniknya, bukan daging impor yang dipakai sebagai bahan utama makanan. Tempat makan ini justru memakai daging lokal dengan kualitas yang tak kalah spesial dengan luar negeri.

Selain itu pengalaman menikmati daging steak semakin lezat dengan tiga pilihan saus.

Di sini juga menyediakan menu untuk sharing. Seperti Smoked Hickory yang terdiri dari 1,5 kg iga sapi dan kambing yang disajikan dengan saus hickory bersama salad, tumis jamur, potato wedges, french friends, serta tiga saus.

Ada juga menu Australian Rib Eye dengan terdiri dari 800 gram iga sapi, Smoked Back Ribs yang terdiri dari 1 kg iga sapi.

Mau mencobanya? Restoran ini terletak di Jalan Cihampelas No. 211-217 (lobby level Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung).

9. Kedai Overhoat Yaa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Aam Amalia (@liaamalia0904)

Kedai Overhoat Yaa di Jalan Sabang, No 63 Cihapit, juga bisa jadi pilihan tempat makan enak bagi penikmat kuliner dengan beragam menu hot plate dengan aneka topping yang tersedia.

Pertama, yang sudah banyak masyarakat awam kenal, yaitu overhoat dengan pilihan topping sebagai teman makan nasinya. Kemudian saus yang tidak kalah lezat dengan banyak pilihan.

Konsep makan pada hot plate jadi pilihan di kedai ini karena lebih praktis dan makanan tetap segar. Sehingga pembeli tetap bisa melihat kepulan asap dari topping pada hot plate.

Ada 7 topping maincourse, yaitu ayam geprek, ayam fillet, ikan salmon, beef slice, beef saikoro, sosis, dan kulit krispi. Penyajian topping itu dengan nasi hangat, sayur, tauge, dan pilihan saus pada daging.

Ada 11 varian saus yang mana semuanya memiliki ciri khas rasanya sendiri. Seperti sambal merah monang, astaga dragon chili oil, sambal matah, mentai, mushroom, cheese, salted egg, mozzarella, sweet child, gochujang, dan shokugeki kare.

Untuk mendapatkan perpaduan rasa yang pas antara topping dan saus, ada sejumlah rekomendasi menu.

Paling laris saus mentai yang sangat cocok dengan aneka toping, seperti beef slice, ayam, dan kulit. Katanya, saus mentai yang creamy nan gurih sangat pas ketika bertemu dengan beef slice atau ayam yang dimasak sedikit garing.

Kemudian, ada juga sambal matah yang paling banyak pemesanan dengan ayam geprek atau ayam fillet.

Perpaduan ini menghasilkan cita rasa lokal seperti ayam geprek sambal yang belakangan sedang jadi tren pada industri kuliner.

Untuk pecinta salted egg atau saus telur asin bisa memilih topping ayam fillet atau beef saikoro sebagai teman santapnya.

Beef saikoro berbentuk dadu atau ayam fillet setengah matang ini sangat lezat dengan saus telur asin. Beef saikoro juga cocok dengan saus mozarella yang kenyal dan gurih.

Banderol harga semua makanan kedai Overhoat Yaa mulai Rp 37 ribu. Pengunjung bisa sekaligus melepas dahaga dengan minuman teh aneka rasa yang hadir melalui ‘Tea Drink’.

10. Rumah None

Tempat makan enak di Bandung salah satunya kafe yang terletak di Jalan Taman Kopo Indah, Blok H, No. 76.

Kafe ini menempati satu unit rumah dengan dua lantai. Dengan desain interior modern, Rumah None menampilkan konsep kekinian.

Sajian kuliner Rumah None menonjolkan hidangan kebab, cake, dimsum, aneka camilan, dan mix drink none.

Untuk menu kebab, ada empat varian rasa, yakni kebab klasik, beef cheese mayo, blackpaper, dan full beef. Harga kebabnya Rp25 ribu.

Untuk cake, ada variasi kue manis yang menggugah selera. Seperti bluevelvet, rainbowcake, choco cake, dan redvelvet dengan harga Rp 65 ribu-Rp 85 ribu.

Ada juga sajian dimsum yang jadi jawara Rumah None dengan variasinya yang juga beragam, seperti siomay kepiting, siomay ayam jamur, siomay ayam.

Siomay cumi, lumpia udang kulit tahu, lumpia udang goreng, kwotie, siomay seafood, lumpia ayam, ekado goreng, dan lainnya.

Kafe ini juga menyajikan suasana yang nyaman dan keren untuk spot selfie bersama teman atau keluarga.

Mengusung konsep bak pemandangan pantai, kafe Tropical Vibes meramaikan kuliner Bandung.

Tropical Vibes yang terletak di Jalan Ranggamalela No 8, Bandung juga bisa jadi pilihan tempat makan yang enak dengan menghadirkan menu minuman sehat dengan olahan tak biasa. Ragam minuman jus menjadi andalan.

Konsepnya seperti bar tepi pantai, dengan banyak menu minuman jus yang menyegarkan.

Sebut saja strawberry jus, mangga, buah naga, banana berry (banana strawberry) jus, strawberry steam, classic toast, dan cocoberry toast.

Tidak cuma menu jus original, melainkan juga punya menu mix jus, seperti waterorange (watermelon dan orange), bango juice (banana mango), bangon (banana dan dragon fruit), malon (mango dan melon), dan avobana (avocado+banana+pindakas).

Banderol setiap minumnya mulai dari harga Rp 20 ribu.

11. Kedai Rameninpo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by rameninpo (@rameninpo)

Ramen bukan kudapan baru. Makanan khas Jepang ini menjalar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Selain rasanya yang enak, ramen juga bisa jadi santapan siang ketika perut keroncongan.

Di Bandung ada kedai ramen yang menjual kuah otentik yang beragam. Kuah-kuah ini menjadi ciri khas kedai Rameninpo, yakni kuah niku, tomyum, dan paitan.

Kedai Rameninpo berada di ruang kreatif The Hallway Space, Kosambi, Bandung menyajikan konsep ramen bercita rasa otentik. Gak melulu kuah signature seperti tomyum dan chicken, Rameninpo memiliki dua kuah asli yang diolah kembali.

Menambah kelezatan ramen, semangkuk ramen yang masih panas penuh aneka topping. Isiannya potongan daging sapi yang dimarinasi bercita rasa manis gurih.

Lalu, potongan ajitsuke tamago atau telur setengah matang yang dimarinasi dengan kuah dasi (katsuoboshi dan soyu).

Suwiran jamur kuping dan narutomaki atau fish cake yang sudah jadi ciri khas dari ramen Jepang juga jadi topping ramen. Tidak lupa, Nori, seasamed salted, dan bawang chung jadi sentuhan akhir ramen otentik ini.

Harga seporsi ramen Rp 27.500 untuk gyu dan Rp 25 ribu untuk tori. Pembeli juga bisa memilih mie, ada ramen atau udon, semua sesuai selera.

Tidak cuma mie ramen, Rameninpo juga menyediakan menu nasi dengan kuah niku.

12. Sprekken Cafe Bandung

Bangunan modern dengan warna hijau army dan pink menghiasi tampilan Sprekken Cafe di Jalan Bangreng No. 3, Buahbatu Bandung. Kedai makan ini menawarkan ragam makanan Indonesia dan western yang sangat menggoda.

Mengusung konsep tropis, kedai ini sangat colorful dan instagramable, pengunjung bisa berswafoto pada bagian depan kedai. Area dalam cafe juga tidak kalah cantik.

Untuk menu utama kuliner ada menu western sampai Indonesia. Seperti Iga Rica, Sop Buntut Kuah, Nasi Rendang, Dori Sambal Matah, dan Nasi Sambal Mentai.

Menu-menu ini, jadi rekomendasi kedai Sprekken. Bercita rasa Indonesia banget, bumbu rempah dari setiap makanan bisa membuat pengunjung ketagihan.

Sekarang variasi kuliner makanan dan minuman pada kedai ini ada sekitar 105 menu.

Untuk menu western, mengandalkan Carbonara Spaghetti yang sangat creamy.

Banderol makanan dan minuman cukup terjangkau. Mulai Rp10 ribu – Rp45 ribu untuk minuman, dan Rp 35 ribu sampai Rp 80 ribu untuk makanan.

Sprekken Cafe buka setiap hari mulai pukul 07.00 dengan juga menyediakan oleh-oleh Klappertaart yang legit dan juga lezat.

13. Kedai H04 Halmahera

Kedai H04 (HOY) menggabungkan kedai kopi dengan working space dalam satu tempat. Berlokasi di Jalan Halmahera, kedai H04 menawarkan sebuah konsep unik dalam menjamu pengunjung.

Bangunan bergaya modern dengan dua lantai ini punya banyak spot untuk pengunjung yang bukan cuma sekedar nongkrong.

Untuk bekerja atau mengerjakan tugas, kedai H04 memberi suasana yang mendukung. Selain itu, ada juga ruangan meeting kapasitas 8-10 orang.

Untuk makanan dan minuman, kedai H04 memiliki 7 tenant. Mulai makanan berat, camilan, dessert, dan minuman kopi semuanya ada di sini.

Untuk makanannya, pengunjung bisa memilih menu nasi liwet, dimsum dan cuanki. Ada juga aneka ragam minuman boba, kopi, dan wedang ronde.

Aneka sajian durian, seperti sop durian dan pancake durian juga menjadi menu favorit pengunjung sebagai pencuci mulut. Semua makan dan minum dibanderol harga Rp 8 ribu-Rp 38 ribu.

14. Sate Anggrek

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rajanya Sate Bandung (@sateanggrek)

Tempat makan satu ini sangat mudah untuk ditemukan karena asapnya yang mengepul sampai ke jalan.

Lokasinya berada Jl. Anggrek No.35, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

Dulunya, warung satu satu ini namanya Sate Mirah atau yang artinya murah. Namun kini, berubah nama jadi Sate Anggrek karena tempatnya yang ada di jl. Anggrek.

Untuk satu porsinya bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah yakni 15 hingga 20 ribu saja.

Jenis satenya pun beragam, ada sate ayam, sate daging kambing, sapi dan ada juga sate telur.

Tempat Makan Hits di Bandung yang Ramah Anak

15. Miss Bee Providore

Cafe di Bandung yang hits  dan ramah untuk anak-anak ini berlokasi di Jl. Rancabentang No.11A Ciumbuluit. Halaman luas dengan rerumputan hijau juga dilengkapi dengan fasilitas permainan anak-anak.

Di bagian halaman depan, terdiri dari ayunan ban, ayunan kayu, jungkat-jungkit dan kandang kelinci angora. Tidak hanya di depan, apabila masuk ke bagian dalam ada juga indoor playground lokasinya dekat dengan tempat makan.

Orang tua bisa tetap mengawasi anak-anak yang sedang bermain sambil menikmati makanan.

Mis bee Providore merupakan reston indoor berkonsep taman bermain yang ramah buah anak-anak. Selain itu menu makananya juga enak.

16. Love Unicorn Cafe

Love Unicorn ,salah satu tempat makan hits di Bandung  sering di buru wisatawan yang datang bersama keluarga ini terletak di Jl. Bengawan No.33, Cihapit.

Sesuai namanya, tema unicorn menjadi daya tarik utama. Mulai dari bagian tembok, meja, sampai ke langit-langitnya penuh dengan hiasan gambar unicorn, bunga-bunga, dan lampu gantung berderet rapi.

Tak heran keluarga membawa anak-anaknya ke cafe ini, mungkin karna unik, lucu dan warna- warni membuat anak-anak tertarik .

Ingin lebih special? Di cafe ini menyediakan sewa kostum unicorn yang bisa dipakai oleh setiap pengunjung di tempat ini. Harga sewa Kostum untuk anak-anak Rp. 25.000 per jam, dewasa Rp.35.000 perjam.

Soal menu, di cafe ini menyuguhkan beberapa aneka masakan yang enak seperti menu nusantara, western, makanan manis dan aneka milkshake. Harga yang ditawarkan pun ramah di dompet mulai kisaran di bawah Rp.50.000 saja.

17. Nanny’s Pavillion

Restoran Nanny’s Pavillion pertama kali di buka di Bandung 23 Maret 2009, berlokasi di Jl. L. L. R.E. Martadinata No.125, Cihapit,Bandung.

Memasuki Restoran ini seperti memasuki sebuah rumah dengan suasana nyaman dan kekeluargaan. Ruangannya yg luas dengan interior vintage dan artistik.

Mengusung konsep pancake khas Prancis – Amerika yaitu konsep garden dan library. tak heran Nanny’s Bandung merupakan restoran hits yang ramah untuk anak-anak serta bikin nyaman dan ‘kekeluargaan’.

Pengunjung di café ini akan disediakan beragam tema di setiap tempat duduknya, mulai dari kamar tidur, kamar mandi, ruang main anak, ruang ibu menjahit, dan yang lainnya.

Selain itu, area parkirnya cukup luas, tapi jika kesininya weekend, masuk ke restoran ini harus menunggu daftar waiting list.

18. Nara Park

Café hits di Bandung Bernama Nara Park ini berlokasi di Jl. Rancabentang No.28, Ciumbuleuit, di tempat ini suasananya sejuk, bersih dan udaranya segar.

Pembangun nara park terinspirasi dari keindahan alam Kota Bandung dengan dataran tinggi yang alami. Alhasil bisa bikin betah menghabiskan waktu berkualitas di sini.

Nara Park juga menawarkan konsep kawasan wisata terpadu di dalamnya ada tempat kuliner yang menyajikan makanan enak lengkap dengan fasilitas hiburan dan rekreasi keluarga.

Salah satunya fasilitas areal outdoor playground. Anak-anak bisa bermain di halaman rumput berbukit, ada juga taman bermain khusus untuk anak-anak namanya Peek a Boo berornamen kayu lengkap a la Hobbit.

Selain itu di Nara Park pengunujung juga bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti kelas melukis wajah, wushu dan yoga yang bisa diikuti anak-anak.

Bagi Orang tua yang mencari tempat yang ramah untuk anak-anak. Nara Park Bandung pas untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga.

19. Pillow Cake Café

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ʟɛǟռɖǟ (@sukapisanjajan)

Pillow cake sebelum berkembang menjadi menjadi sebuah café hits di Bandung, awalnya hanya menjual pillow cake di outlet-outlet mall yang dikenal dengan tekstur kuenya yang enak dan lembut banyak digemari pecinta kuliner.

Selain makan di Pillow Cake Cafe Bandung, di sini juga ada spot kolam bola yang sudah pasti bikin anak-anak betah. Namun banyak juga orang dewasa yang ikut terjun ke kolam bola untuk berselfie.

Dekorasi di Pillow Cake Café sangat menggemaskan, ditambah lagu area kolam mandi bola yang dihuni boneka-boneka lucu di sudut ruangan.

Pilow Cake Cafe berlokasi di Jl. Aceh No.15, Babakan Ciamis, belakang Masjid Al Ukhuwwah deket Balai Kota Bandung.

Tempat Makan Hits dan Legendaris di Bandung

20. Sumber Hidangan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nita Febriani Ichwan (@nitafebr)

Sumber Hidangan salah satu tempat paling enak dan autentik yang ada di Kota Bandung. Tempat makan ini berdiri sejak 1929 yang dulu namanaya “het Snoephuis” yang berarti toko makanan manis.

Sesuai dengan namanya, Sumber Hidangan menjual makanan-makanan manis, seperti roti, kue, dan es krim.

Selain roti ada juga nasi goreng, nasi goreng spesial, bistik dan Wiener Schnitzel yang bisa dicicipi.

Bistik merupakan menu favorit di Sumber Hidangan karena guyuran saus spesialnya yang benar-benar otentik.

Hingga saat ini, toko Sumber Hidangan masih menjual camilan tradisional khas Belanda, seperti Moorkoppen, Bokkepootjes, dan Tompoesjes. Nah kalau kesini wajib cobain es krimnya yang pastinya enak banget.

Lokasi: Jalan Braga No.20-22, Sumur Bandung.
Jam buka: 9.30 WIB – 15.30 WIB.

21. Braga Permai

Restoran Braga Permai sudah berdiri sejak tahun 1923 memiliki nama Belanda Maison Bogarijen.

Pada masanya, restoran ini menjadi favorit tokoh terkemuka di kerajaan Belanda dan juga Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Hingga sekarang, Braga Permai salah satu  tempat makan yang hits di Bandung dengan menyajikan menu makanan khas dari seluruh dunia. Dengan porsinya cukup besar dan mengenyangkan.

Braga Permai juga menyedikan berbagai pilihan roti, kue, es krim yang menggugah selera. Ada juga Bebek saus jamur, beef fondue, sampai sirloin steak yang rasanya akrab di lidah orang Indonesia.

Lokasi: Jl.Braga No.58 Bandung

22. Tizi Cake Shop & Restaurant

 

View this post on Instagram

 

A post shared by astrid T. (@save.our.tummy)

Cafe hits nan legendaris ini memiliki desain interior yang menarik; ruang semi terbuka dengan taplak meja merah kotak-kotak yang penuh kenangan nostalgia.

Cafe yang sudah ada sejak 1974 ini cocok sekali untuk yang ingin merasakan menu makanan ikonik dengan rasa otentik yang terjaga hingga kini.

Tizi menyajikan banyak menu makanan legendaris yang menjadi andalannya selama bertahun-tahun. Makan di sini wajib mencoba menu Schaschlik, steak dan juga pizza-nya yang begitu enak dan ikonik.

Tizi juga menjual berbagai roti dan kue jaman dulu, Seperti misalnya Rhum Truffle, Kaseroll, Apfel Struddle dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Kidang Pananjung No.3, Dago, Bandung
Jam Buka: 11.00 – 23.30 WIB

23. Toko You

 

View this post on Instagram

 

A post shared by TOKO YOU Bandung (@tokoyou.bandung)

Tempat makan ini bernuansa klasik dengan gerbang kayu bertuliskan “12” di bagian depannya. Toko You dulunya bernama Het Snoephoekje dan sudah ada sejak 1947.

Mulanya toko ini hanya menjual roti dan keju untuk memenuhi kebutuhan makanan kecil orang Belanda.

Nah, saat ini, menu di Toko You sudah sangat beragam. Bahkan kalian dapat memesan jamu yang diracik sendiri oleh pengelolanya.

Menu Populer adalah mie yamin yang rasanya enak. Mie yamin asin atau manis ini disajikan dengan tambahan kuah kaldu spesial dengan bakso pastinya enak banget.

Ada juga menu nasi goreng, rawon, ayam mentega, pilihan menu chinese food hingga steak yang rasanya tidak pernah berubah sejak dahulu. Teh tawar yang disajikan di restoran ini juga begitu klasik dengan warna merah pekat dan wanginya yang begitu harum, beda dari teh tawar di kebanyakan restoran saat ini.

Lokasi: Jl. Hasanudin no.12, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 – 22.00

24. Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Purnama sudah dibuka sejak tahun 1930. Warung Kopi ini terkenal dengan sebutan Chang Chong Seng, yang bisa diartikan “sekali mencoba”.

Namun, nama itu harus berganti pada tahun 1966 seiring munculnya kebijakan pemerintah Orde Baru untuk menggunakan nama berbahasa Indonesia.

Kopi susu panas adalah salah satu menu utamanya. Mereka mempertahankan sajian kopi susu tradisional dengan racikan bubuk kopi Aroma–salah satu pabrik kopi legendaris Bandung–yang dicampur dengan susu kental manis.

Tak hanya menyajikan berbagai minuman kopi, di sini Anda pun dapat memesan kudapan seperti lumpia goreng, roti bakar, dan roti dadar ham.

Lokasi: Jl. Alkateri No. 22, Braga, Kota Bandung
Jam buka: 06.30-22.00 WIB

25. Bandoengsche Melk Centrale

Restoran yang sudah ada sejak 1920 ini merupakan kuliner legendaris di Bandung yang cocok untuk nostalgia.

Ada juga live musik yang membawakan musik klasik maupun irama jazz.

Menu yang ditawarkan sangat beragam. Mulai dari menu olahan susu seperti susu murni, yoghurt, es krim, susu kambing dan sebagainya. Ada juga minuman legendaris andalan BMC, seperti yoghurt shake, yoghurt cocktail, teh masala, pina colada.

Mau makanan berat juga tersedia di sini, Seperti nasi bakar, nasi pepes, nasi liwet, makaroni panggang, sup buntut, gulai hingga gado-gado.

Untuk yang suka ngemil bisa memesan kentang goreng, risoles, batagor, klappertaart, creme brulee dan berbagai jenis pastry lainnya.

Lokasi: Jl. Aceh No. 30, Bandung
Jam Buka: 08.00 – 22.00

26. Warung C’Mar

Secara usia, Warung C’Mar relatif jauh lebih muda, berdiri sejak 1990 Namun rasanya tak ada yang menandingi kepopuleran warung yang satu ini.

Warung C’Mar tak menyediakan sederhana saja, warung yang satu ini hanya menyediakan sajian ala rumahan. Mulai dari telur balado, capcay, tahu-tempe goreng, dan menu rumahan lainnya.

Awalnya, C’Mar dibuka untuk memenuhi kebutuhan loper koran yang beraktivitas di bantaran Sungai Cikapundung, Bandung.

Seiring berjalannya waktu, nama C’Mar kian populer, khususnya di kalangan anak muda.

Sampai saat ini, popularitas C’Mar terus meroket. Meski harga yang ditawarkan kian mahal, tapi warung ini kerap menjadi kesukaan pesohor-pesohor ibu kota.

Lokasi: Jalan Terusan ABC No. 21, Sumur Bandung
Jam buka: 16.00 WIB – 05.00 WIB.

27. Rumah Makan Linggarjati

Rumah makan yang buka sejak 1950 menawarkan menu Yamin sebagai kuliner legendarisnya.

Yamien dengan mie yang kenyal dan kuah yang gurih ini disajikan dengan topping yang bisa kita pilih sesuai selera, seperti bakso, pangsit, babat, tahu, dan masih banyak lagi.

Untuk minumannya jangan lupa memesan jus alpukatnya yang segar dan rasanya beda dari jus alpukat lainnya.

Lokasi: Jalan Balonggede No. 1, Bandung
Jam Buka : 08.30 -19.00 WIB.

28. Batagor Riri

Banyak sekali tempat makan batagor yang enak dan terkenal di Bandung. Salah satunya Batagor Riri batagornya yang hits di Bandung yang mulai berjualan sejak tahun 1985.

Batagor Riri menjadi tempat makan wajib bagi wisatawan dari berbagai wilayah. Bahkan, batagor dengan bumbu kacang yang spesial ini juga menjadi favorit bagi artis dan pejabat.

Lokasi: Jalan Burangrang No. 41, Bandung
Jam Buka : 08.00 -20.00 WIB.

Tempat Makan Enak di Bandung

29. Lomie Imam Bonjol

Lomie Imam Bonjol adalah Bakmi halal tanpa campuran babi didalamnya. Kehadiran dari Lomie ini menjadi jawaban para pecinta kuliner yang ingin mendapatkan lomie halal.

Sesuai namanya, Lomie Imam Bonjol berlokasi di Jalan Imam Bonjol Nomor 9 Bandung Utara.

Lokasi Lomie Imam Bonjol cukup strategis jadi Anda tidak akan kesulitan untuk pergi ke tempat ini.

30. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu , salah satu tempat makan cuanki terenak di Bandung. Lokasi berada di JL. Serayu Nomor 2 Bandung.

Tempat makan ini dirintis sejak tahun 90an dan menggunakan Jl Serayu untuk merk dagangan membuat cuanki satu ini sangat mudah dikenali.

Cuanki Serayu menjadi tempat makan cuanki hits dan terkenal  karena isinya yang cukup besar.

Untuk 1 porsi cuanki terdiri dari bakso, tahu, siomay dan batagor di dalam 1 mangkuk.

31. Seafood Kiloan Bang Bopak

Seafood Kiloan Bang Bopak lokasinya di Jalan Melong Asih No.43, Kota Bandung. Agung Satria,

Tempat makan Seafood enak ini  menyuguhkan kuliner seafood yang terdiri dari aneka jenis kerang, udang, cumi, gurita, hingga kepiting yang disajikan dengan sambal khas Bang Bopak.

Sebelumnya, Seafood Bang Bopak juga telah hadir di Bandung Raya berada seperti di Jalan Katamso, dan Pahlawan, Mekarwangi, sampai dengan Cimahi. Sementara di luar pulau, Seafood Bang Bopak memiliki cabang di Denpasar, Bali.

Seafood Bang Bopak sendiri hadir untuk mematahkan stigma jika untuk menikmati seafood harus mahal.

Café Hits dan Instagramble di Bandung

32. Goldstar 360 Cafe

Sudah pernah ke Negeri Yunani? Tempat ini cocok banget untuk kamu yang belum pernah ke sana. Cafe ini memiliki suasana yang sangat kental Khas Yunani, di desain seperti gua-gua yang di dominasi dengan warna putih, Goldstar cave ini berada di lantai 3.

Tempat ini memiliki tempat unik juga di lantai 5, di lantai ini memiliki konsep rooftop yang menawarkan pemandangan Bandung. Tempat ini berada di Jl. Dangdeur Indah No. 2b, Sukagalih, Sukajadi, Kota Bandung.

33. One Eighty Coffee

Tempat ini cukup unik, kita makan bisa sambil berendam kaki di kolam renang. Akan tetapi, bukan kita yang duduk di samping kolam renang, tapi meja dan tempat duduknya berada di kolam renang. Jadi kita makan harus membuka sendal atau sepatu, jika kita memilih tempat di kolam renang.

Bila ingin makan di tempat yang tidak basah juga bisa, desain interior dalam cafe juga sangat bagus kok. Harga makanan dan minuman di tempat ini relatif harga cafe. Tempat ini berada di Jl. Ganeca No. 3, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung.

34. Cremeria di Dee

Kamu suka banget sama Gelato? Harus banget ke tempat ini, karena banyak pilihan rasa dan kamu bisa melihat langsung cara pembuatan gelato.

Di tempat ini di desain dengan open space yang meminimalkan tempat duduk yang formal. Kamu yang suka foto dan duduk bersantai di taman, tempat ini cocok juga untuk kamu. Tempat ini berada di Jl. RancaBentang 2C, Ciumbuleuit, Bandung.

35. Boda barn

Kamu ingin makan sembari menikmati pemandangan Bandung yang indah. Disini tempat makan di Bandung yang tepat kamu datangi. Restoran yang didesain ala bangunan Eropa. Dan kamu bisa makan sambil menikmati udara pegunungan di Bandung.

Jika penasaran dengan lokasi tempat makan ini, Takaiters bisa langsung kunjungi alamatnya di Jl. Pagermaneuh Desa No.Rt 05/07, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. 

Nah,Guys itu dia tempat makan yang wajib kamu datangi saat berkunjung ke Bandung. Selain enak café dan restoran tersebut unik dan instagrmable.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait