Ciri-ciri Tanaman Hias Janda Bolong Kena Penyakit dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Tanaman hias janda bolong
Tangkapan layar tanaman hias janda bolong di mesin pencari Google

HALOBDG.com – Tanaman janda bolong (Monstera adansonii) merupakan salah satu tanaman hias yang lagi ngetrend di tahun 2020.

Apalagi selama pandemi Covid-19 banyak dari masyarakat yang menanam dan memelihara janda bolong yang harganya bisa mencapai ratusan juta.

Bacaan Lainnya

Nah, bagi anda pecinta tanaman hias janda bolong atau tanaman hias lainnya harus waspada terhadap penyakit yang bisa menyerang tanaman hias di musim hujan ini.

Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Ir. Tarkus Suganda, PhD, menjelaskan, tanaman hias sangat rentan terkena penyakit, baik yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri.

Baca juga: Kemenristek Uji Klinis Jahe Merah, Jambu Biji, Minyak Kelapa dan Pil Kina untuk Covid-19

Dimusim hujan, serangan penyakit akan meningkat. Salah satu penyebab tanaman hias mudah terkena penyakit adalah karena jarak tanam yang rapat dengan tanaman lainnya.

Jarak yang rapat serta jenis tanaman yang seragam akan menyebabkan penyakit mudah menular.

“Kalau satu kena penyakit sedangkan tanamannya seragam dan jaraknya berdekatan, maka tanaman lain juga akan kena,” ujar Prof. Tarkus, dikutip dari siaran pers Unpad, Kamis, 29 Oktober 2020.

Penularan penyakit pada tanaman juga mirip penularan virus SARS CoV-2, penyebab penyakit Covid-19, yaitu diakibatkan transfer penyakit melalui perantara tangan manusia.

Jika seseorang memegang tanaman yang sedang sakit kemudian dia memegang tanaman lain yang sehat, maka penyakitnya akan berpindah ke tanaman sehat tersebut, kata Prof. Tarkus.

Baca juga: 25 Taman di Bandung Terpopuler yang Bikin Betah