Bacaan Doa Sebelum Adzan dan Doa Sesudah Adzan, Arab, Latin, Arti dan Keutamaanya

  • Whatsapp
Doa sesduah adzan dan doa sebelum adzan
Ilustrasi: Doa sesduah adzan dan doa sebelum adzan/pixabay

Bacaan doa setelah Adzan dan doa sesudah Adzan dalam bahasa Arab, Latin dan Artinya bisa disimak dalam artikel berikut.

HALObdg.com – Dalam ajaran Islam dianjurkan untuk membaca doa sebelum adzan dan sesudah adzan. Berikut adalah bacaan doanya dalam Arab, latin dan artinya.

Bacaan Lainnya

Setiap hari umat islam di penjuru dunia akan mengumandangkan adzan sebagai tanda telah memasuki waktu sholat wajib atau fardhu.

Sholat wajib terdiri dari lima waktu, untuk itu dalam sehari adzan dikumandangkan sebanyak lima kali yakni disaat memasuki waktu Maghrib,Isya, Subuh, Dzuhur dan Ashar.

Mengumandangkan adzan memiliki banyak keutamaan, begitu juga dengan membaca doa setelah mendegarkan adzan akan mendapat keberkahan dan kebaikan.

Allah SWT memberikan pahala bagi siapa saja yang menjawab kumandang adzan. Anjuran dan amalan itu berlaku pula untuk muadzin, orang yang mengumandangkan adzan.

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Latin, Arab, Artinya dan Keutamaannya

Bagi umat Islam setelah mendengar adzan kemudian membaca doa, maka segala keinginan atau permohonan akan dikabulkan Alla SWT.Keutaman lainnya yaitu mengahapus dosa dan mendapatkan syafaat oleh Allah SWT.

Keutamaan membaca doa setelah adzan tersebut seperti diriwayatkan Jabir bin Abdullah Ra, Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).”

Membaca doa sebelum adzan dan sesudah adzan dikumandangkan disunahkan bagi setiap muslim.

Doa Sebelum Adzan

Subhaanallah walhamdulillah wala ilahaillah wallahuakbar, wala haulawala kuuwata illabillahiladhim, allahummasholli wasallim ‘ala sayyidina muhammadillahu ya kariim.

Artinya: “Maha suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada tuhan selain Allah yang maha besar, dan tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan dari Allah, ya Allah, limpahkan kasih sayang kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang pemurah.”

Doa Sesudah Adzan

doa setelah adzan
bacaan doa setelah adzan dalam bahasa arab

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.”

Doa setelah adzan subuh

Doa ini dibaca khusus setelah adzan subuh yang dianjurkan para ulama.

Doa setelah adzan subuh memiliki maksud yaitu untuk memohon ampunan di kala subuh dan melambangkan sebelum manusia mulai beraktivitas dan melakukan ‘dosa’.

Terlebih lagi waktu subuh adalah saat tepat untuk memohon ampunan. Karena Allah SWT sedang menebarkan rahmat-Nya ke seluruh alam di kala subuh datang.

doa setelah adzan subuh

“Allahumma hadza iqbaalu nahaarika wa idbaaru lailika wa ashwaatu du’aaika faghfir lii.”

Artinya: “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.”

Doa setelah iqomah

Iqomah adalah bacaan yang disunnahkan untuk diucapkan sesaat akan mendirikan sholat. Mengumandakan iqomah berbeda dengan adzan, saat adzan disunnahkan untuk mengeraskan suara sedangkan untuk iqomah sendiri disunnahkan dengan melirihkan suara.

Apabila mendengarkan iqomah disunnahkan untuk menjawab seruan tersebut dengan menirukan bacaan iqomah. Setelah selesai iqomah disunnahkan untuk membaca doa setelah iqomah

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Selesai Sholat Tahajud, Latin, Arab, dan Artinya

Bacaan doa setelah Iqomah

DOA-SETELAH-IQOMAH

(Aqoomahalloohu wa-ad aamahaa maadaa matis samaawaatu wal-ardl)

Artinya: “Semoga Allah mendirikannya (shalat) dan mengekalkannya selama langit dan bumi masih ada.”

Pos terkait