Ternyata Langsung Tidur Setelah Sahur Itu Berbahaya

Kasur

HALOBDG – Salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan pada bulan ramadan adalah berpuasa dengan rutinitas bangun menjelang subuh untuk sahur.

Sahur sendiri adalah makan pada dini hari sebagai salah satu sunah ibadah puasa demi membantu tubuh kita mampu melakukan aktivitas meski berpuasa.

Namun salah satu godaan terberat adalah menahan kantuk agar tidak tidur kembali stelah makan sahur.

Dari beberapa penelitian ternyata tidur setelah makan dapat menyebabkan beberapa penyakit bahkan sangat berbahaya.

Berikut beberapa penyakit yang bisa muncul jika kita melakukan hal tersebut dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga : Bau Mulut Saat Berpuasa, Ini Tips Untuk Hilangkan Hal Tersebut

1. Stroke

Sebuah studi dari University of Ioannina Medical School di Yunani menemukan orang yang langsung tidur setelah makan rentan terkena penyakit ini.

Ketika tubuh bekerja keras mencerna makanan tekanan darah gula dan kolestrol pada tubuh akan meningkat. Jika kita tidak memberikan jeda setelah makan maka resiko terkena stroke akan semakin tinggi.

2. Obesitas

Tidur membuat tubuh kita beristirahat dan tidak melakukan aktivitas sedangan asupan makan belum kita serap sehingga terjadi penimbunan lemak yang menyebabkan kita obesitas.

3. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Tidur usai kita makan membuat makanan yang masuk ke lambung kembali ke saluran esofagus jika kita dalam posisi berbaring.

Hal tersebut dapat memicu heartburn yakni rasa panas di dada akibat asam lambung yang naik ke esofagus dan bahkan menyebabkan tenggorokan kering serta serak.

4. Sembelit

Tubuh memerlukan waktu cukup lama untuk mencerna makanan yaitu sekitar dua jam. Lmbung akan kosong dan sisanya akan diteruskan ke usus menjadi feses.

Jika kita tertidur setelah makan, makanan maka itu akan mengganggu proses makanan tidak kunjung dicerna. Timbunan makanan itu dapat menyebabkan diare atau pun sembelit.

5. Mengganggu kualitas tidur

Kualitas tidur kita akan terganggu karena kondisi tubuh kita akan terus pada posisi kenyang karena penumpukan lemak. Saat kenyang kita akan merasa ngantuk tetapi akan muncul perasaan gelisah sehingga mudah terbangun saat tidur.