News  

Ada 80 Ribu Pasien Isoman Covid-19 di Jawa Barat

isolasi mandiri di rumah dan cara mendapatkan obat Covid-19 isoman
Cara isolasi mandiri di rumah bagi pasien covid-19/pxabay

HALOBDG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencatat terdapat 119.000 pasien positif Covid-19 dan 80 ribu diantaranya menjalani isolasi mandiri.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan angka ini tentunya menjadi sinyal kehati-hatian untuk seluruh warga agar lebih waspada dan meningkatkan protokol kesehatan.

Baca juga : Jadwal Pendaftaran CPNS Diperpanjang hingga 26 Juli 2021

Selain itu dia menegaskan pemerintah tidak tinggal diam dan terus memberikan perhatian dengan bantuan berupa obat gratis yang telah disalurkan bagi pasien isoman.

Terhitung hingga Senin (19/7/2021), sudah ada 20 ribu pasien COVID-19 isoman mengajukan obat dan vitamin yang diakses melalui fitur telekonsultasi di portal Pikobar. Secara bertahap, bantuan tersebut sudah disalurkan dan diterima pasien.

“Ada permohonan obat sekitar 20 ribu per hari ini sejak seminggu lalu lewat telekonsultasi di Pikobar,” ucap Kang Emil.

Seperti diketahui, Pemerintah pusat melalui TNI sudah meluncurkan bantuan obat dan vitamin untuk pasien isoman. Bantuan yang terbagi kedalam tiga paket ini dikhususkan bagi wilayah pulau Jawa-Bali yang sedang menerapkan PPKM Darurat.

Baca juga : Perpanjangan PPKM Darurat, Pemkot Bandung Beri Keringanan Aturan

Untuk tahap pertama, total 300.000 paket obat dan vitamin didistribusikan ke tiap Kodam dan langsung dibagikan ke pasien isoman yang sudah tercatat oleh Puskesmas.

“Mudah-mudahan obat yang di-drop dari TNI bisa mendekati angka aktif yang sedang isoman di Jabar,” harap Kang Emil.