News  

Calendar of Event 2021 Jawa Barat Resmi Diluncurkan

West Java Calender of Event 2021
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meluncurkan West Java Calendar of Event 2021 yang bertema Smiling West Java di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

HALO BDG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan West Java Calendar of Event 2021  bertema Smiling West Java di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Terdapat 352 event berskala kabupaten/kota, provinsi, dan nasional, di Jabar sepanjang 2021. Ridwan Kamil berharap, dengan adanya ratusan agenda tersebut, sektor pariwisata, kebudayaan dan ekonomi kreatif Jabar pulih usai terpuruk akibat pandemi COVID-19.

“Mudah-mudahan dengan 352-an event di 2021 dalam pekerjaan pemulihan ekonomi kreatif terus berlangsung,” kata Ridwan Kamil.

Emil mengatakan, semua event akan berlangsung dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Protokol kesehatan pun akan diterapkan dengan ketat.

“Ada 352 acara yang menandakan orang Jabar kreatif dan produktif walaupun di masa pandemi COVID-19,” tuturnya.

Provinsi Jabar menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Keindahan panorama dan kebudayaan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke Jabar.

Menurut Kang Emil, pariwisata adalah bisnis kebahagiaan. Semua desa maupun kota di Jabar menyimpan potensi pariwisata yang besar. Hal itu dapat memicu pemulihan ekonomi di Jabar, khususnya bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Hari ini kita optimistis ingin memulihkan ekonomi melalui adaptasi dengan produktivitas di bidang kebudayaan. Kita sudah menyeleksi insyaallah di tahun 2021 ada 352 event dari skala kabupaten, provinsi maupun nasional,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) tidak mengurangi semangat sehingga Jabar, selain pariwisata bersifat tempat yang indah, tapi juga dengan budaya dan kreativitasnya,” imbuhnya.

Dalam acara peluncuran tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar menjalin kerja sama dengan Perum Perhutani terkait pengelolaan dan penggunaan hutan lindung dan hutan produksi di Jabar.

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar menjalin kerja sama dengan PT Shopee International Indonesia terkait pengembangan ekonomi kreatif di Jabar.

“Harapannya, melalui kerja sama dengan Shopee ini bisa membantu memasarkan produk ekonomi kreatif asal Jabar,” ucapnya.

Theme song “Smiling West Java” yang menjadi lagu andalan West Java Calendar of Event pun, kata Kang Emil, akan mulai disosialisasikan di beberapa kanal platform.

“Semua instrumen pengantarannya nanti akan menggunakan theme song smiling west java, untuk menyemangati agar tidak patah oleh COVID-19, dan tidak pernah menyerah walaupun pandemi, kita harus tetap semangat,” katanya. (hns)