News  

Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu di dtks.kemensos.go.id, Cair Akhir MAret 2021

Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu di dtks.kemensos.go.id, Cair Akhir MAret 2021
embus Lebih 95% di Tahap I, Kemensos Terus Akselerasi Penyaluran Bansos. (Dok. Kemensos)

HALO BDG – Program Bantuan Sosial (Bansos)  Tunai Rp 300 ribu dilaksanakan pada Januari hingga April 2021. Bantuan ini diberikan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total anggaran Rp 12 triliun.

Bagi kalian yang ingin tahu dapat atau tidak bisa lihat data penerima bantuan sosial di situs dtks.kemensos.go.id. Berikut cara mengecek penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu dan cara mencairkannya.

Kementerian Sosial telah  menyiapkan website khusus bagi masyarakat yang ingin mengecek bantuan tersebut dengan alamat dtks.kemensos.go.id.

Di laman tersebut masyarakat bisa melihat apakah mereka terdaftar dalam program Bansos  Tunai Rp 300 ribu dari Kemensos.

Bantuan sosial (BST) 2021 sebesar Rp 300 ribu sudah mulai dicairkan. Menteri Sosial, Tri Rismaharini, akan mempercepat pencairan Bantuan Sosial untuk bulan April 2021.

Ia menargetkan bantuan sosial Maret 2021 dapat dicairkan pada minggu keempat di bulan yang sama. Pencairan itu  berbarengan dengan pencairan bantuan sosial untuk April 2021 mendatang.

“Harapan kami untuk bulan Maret ini kami bisa realisasikan di minggu keempat di bulan Maret,” ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (17/3/2021), dikutip dari laman Presidenri.go.id.

“Demikian pula target untuk bulan April kami akan serahkan pada bulan Maret juga, sehingga masyarakat bisa melakukan pembelanjaan sesegera mungkin,” jelas Risma.

Sementara itu, Bagi sebagian masyarakat bantuan sosial untuk bulan Maret sudah dicairkan. Salah satunya di Jakarta. Hal itu diketahui dalam akun instagramnya Dinas Sosial DKI Jakarta mengatakan pencairan BST tahap II tahun 2021 untuk bulan Februari dilakukan mulai 12 Maret 2021 lalu.

Dinas Sosial DKI Jakarta menyebutkan masyarakat yang ikut program ini dapat menarik bantuan langsung dari ATM Bank DKI. Kecuali bagi yang baru menerima. Sebab penerima baru membutuhkan waktu untuk proses pencetakan buku tabungan dan kartu ATM DKI.

Dikutip dari dtks.kemensos.go.id, Berikut cara cek penerima BST Rp 300 ribu:

1. Buka laman dtks.kemensos.go.id.

2. Pilih ID Kepesertaan yang diinginkan.

Pada bagian atas layar terdapat tulisan Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial, termasuk BST, BPNT dan PKH. Di bawah ada kolom nomor identitas dan Nama.

3. Masukkan Nomor Kepesertaan dari ID yang dipilih.

Isi kolom nomor identitas dan nama yang sesuai dengan KTP. Pada nomor identitas, masyarakat bisa memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), ID DTKS atau BDT, serta nomor identitas PBI JK atau KIS.

4. Masukkan Nama yang sesuai dengan ID yang dipilih.

Masukan nama. Jangan lupa masukkan empat kode campuran huruf dan angka. Klik cari dan hasilnya akan menunjukkan seseorang sudah masuk dalam daftar atau belum.

5. Masukkan kode yang tertera.

6. Klik Cari.

7. Muncul keterangan apakah ID yang diinput terdaftar atau tidak di DTKS.