News  

Disparbud Jabar Awasi Protokol Kesehatan di Sejumlah Tempat wisata

Halobdg – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, melakukan pemantauan ke beberapa destinasi wisata di Purwakarta, Karawang, Cianjur dan Kota Sukabumi, Sabtu, (2/1/2021).

Dalam pemantauan destinasi wisata pada libur Natal dan Tahun Baru 2021, Dedi yang didampingi jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, memastikan penerapan protokol kesehatan di setiap destinasi wisata.

“Kami melakukan pemantauan, untuk mengecek dan memastikan sejauhmana penerapan protokol kesehatan dilakukan baik oleh pihak pengelola destinasi wisata maupun para pengunjungnya,”ungkap Dedi.

Dikatakannya, pada kondisi pandemi saat ini, setiap destinasi wisata yang ada di Jawa Barat, wajib untuk menerapkan protokol kesehatan. Selain untuk membuat nyaman para pengunjung atau wisatawan, juga sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi.

Karena, berkaca dari libur panjang beberapa waktu lalu di tahun 2020, Jawa Barat mengalami sedikit peningkatan kasus Covid-19.

“Sisi kesehatan memutus mata rantai pandemi berjalan, ekonomi pariwisata juga berjalan,”ucapnya.

Dedi juga meminta masyarakat yang melakukan perjalanan wisata maupun berkunjung ke tempat wisata, agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun maupun menjaga jarak.

Sedangkan mengenai hasil pemantauan, Dedi menyatakan destinasi wisata di Jawa Barat sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

“Dari beberapa tempat yang kami pantau, para pengelola sudah menerapkan aturan protokol kesehatan dengan baik. Wisatawan pun semuanya sudah menerapkannya juga,”cetusnya.

Selain melakukan pemantaun di destinasi wisata, Dedi juga menyerahkan bantuan berupa buah-buahan, kepada para petugas Dishub maupun Kepolisian yang tengah bertugas di pospam dan gatur lalu lintas di jalur wisata.

Dedi juga memotivasi para petugas gabungan tersebut, dan meyakinkan libur Nataru kali ini nyaman dan tetap terkendali, khususnya dalam pencegahan Covid-19.

Ia juga sempat membagikan masker, kepada pengelola salah satu restoran di daerah Cianjur dan Kota Sukabumi.
Dalam pantauannya, Dedi didampingi Kapegum, Kasi Pemasaran Luar Negeri dan Kasi Pemasaran Dalam Negeri Disparbud Jabar.(kha)