Jabar, News  

Ini Fasilitas Depo Tegalluar, Rumah Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung

Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung menjadi ‘rumah’ bagi kereta api cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Depo Tegalluar menjadi tempat dimana rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung yang telah tiba dirangkai ulang dan mendapatkan perawatan lanjutan.

Untuk menunjang kebutuhan operasional dan perawatan kereta api cepat Jakarta-Bandung, Depo Tegalluar memiliki beragam fasilitas yang menarik untuk diketahui.

GM Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry menyebutkan di Depo Tegalluar, tersedia 7 area utama yang akan memenuhi kebutuhan maintenance dan operasional KCIC400AF. Seluruh area tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan, mulai dari kebutuhan perawatan ringan sampai berat.

“Kebutuhan maintenance dan operasional dari KCJB sangat beragam. Mulai dari tempat peristirahatan kereta sampai perawatan berat tersedia di Depo Tegalluar. Kami sediakan 7 area dengan fungsi yang berbeda. Seluruh area dapat dioperasikan secara bersamaan untuk memastikan keoptimalan operasional KCJB,” papar Rahadian.

Area pertama adalah Dynamic Monitor Shed yang berfungsi untuk memeriksa atau mendeteksi kerusakan pada roda Pantograph EMU secara general.

Setelah itu adalah Stabling Zone yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan rangkaian KCIC400AF yang tidak sedang beroperasi atau dalam antrean untuk dilakukan perawatan. Area ini memiliki 14 jalur yang dapat digunakan untuk stabling dan alur keluar-masuk dari sistem perawatan di Depo Tegalluar.

Selanjutnya, ada Temporary Repair & Loading Wheel-Set. Area ini berfungsi sebagai tempat membubut atau memperbaiki profil roda secara otomatis tanpa harus melepaskan bogie dari kereta.

Tak lupa, ada juga area Train Washing yang berfungsi untuk membersihkan bagian luar KCIC400AF secara otomatis. Di area ini, tersemat mesin bernama EMU surface washing equipment yang bertugas memastikan KCIC400AF dalam kondisi bersih. .

Depo Tegalluar juga dilengkapi dengan Dynamic Debugging Zone, yaitu tempat untuk pengujian EMU secara dinamis setelah dilakukan perawatan. Kehadiran area ini sangat penting untuk memastikan KCIC400AF dapat beroperasi dalam keadaan yang benat-benar prima pasca perawatan.

Ada juga Rescue Facility, yaitu tempat parkir atau stabling dari kereta rescue yang dilengkapi sejumlah peralatan canggih untuk kondisi darurat.

Terakhir ada Joint Workshop yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan perbaikan dari level 1 hingga level 3. Di dalamnya terdapat ruang operasional dan Static Test.

“Depo Tegalluar adalah salah satu aset penting bagi KCJB. Untuk itu kami memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan Depo Tegalluar dan fasilitas yang tersedia di dalamnya. Sebagai pusat operasional KCJB, kondisi Depo Tegalluar akan memberikan pengaruh besar terhadap operasional KCJB,” kata Rahadian.

Untuk diketahui saat ini sejumlah cars rangkaian KCJB sudah tersedia di Depo Tegalluar. Cars rangkaian KCJB itu saat ini sedang dipersiapkan untuk memasuki tahapan selanjutnya yaitu re-assembly atau perakitan ulang.

“Alhamdulillah proses pengiriman rangkaian KCJB ke Depo Tegalluar berjalan dengan baik. Tentu saja harapan kami proses perakitan ulang rangkaian KCJB di Depo Tegalluar ini bisa berjalan sesuai dengan rencana dan tanpa kendala,” jelas Rahadian. *