Jabar  

BLT BBM di Bandung Sudah Disalurkan, Ini Link Untuk Cek Penerima Bantuan

BLT BBM
Ilustrasi Bantuan langsung Tunai (BLT) BBM Rp 600 ribu./pixabay

BANDUNG, HALOBDG.com – Penyaluran bantuan BLT BBM Rp600 ribu di Kota Bandung sudah dimulai pada 1 September 2022. Untuk mengecek penerima BLT BBM bisa dilakukan melalui tautan cekbansos.kemensos.go.id.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar yang turut hadir dalam rapat virtual tersebut mengatakan, proses penyaluran di Jawa Barat sudah dilakukan. 

“Penyaluran (BLT BBM) di Jawa Barat sudah dilakukan per 1 September 2022, di Kota Bandung,” kata Dodo Suhendar,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar.

Adapun besaran BLT BBM yang diberikan adalah Rp 150.000 per bulan selama empat bulan dari September hingga November yang dilakukan dalam dua tahap. 

Tahap pertama dilakukan pada Bulan September sebesar Rp 300.000 (September dan Oktober), tahap kedua direncanakan dilakukan pada bulan November sebesar Rp 300.000 (November dan Desember). 

Berdasarkan data PT Pos Indonesia, keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Jawa Barat tercatat sebanyak 2.687.070 yang akan menerima BLT BBM

Nantinya Bantuan ini akan disalurkan oleh Kementerian Sosial bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.  Hal ini mengemuka dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penyaluran BLT BBM, Sabtu (3/9/2022). 

Baca juga: BBM Resmi Naik, Berikut Harga Pertalite, Solar dan Pertamax

Syarat Penerima BLT BBM

Penerima bantuan ini merupakan masyarakat miskin atau rawan miskin yang memiliki KTP elektronik dan terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk pekerja diberikan pada pekerja dengan penghasilan maksimal Rp 3,5 juta. 

Sementara itu, Kepala PT Pos Regional Jawa Barat Pujiati mengungkapkan, penyaluran BLT BBM di seluruh Jabar dikelola oleh dua regional Kantor Cabang Utama (KCU), yaitu regional Jakarta dan Jabar. 

Ia menerangkan, ada tiga cara salur BLT BBM, yaitu disalurkan di Kantor Pos terdekat, disalurkan di komunitas setempat (Kecamatan, Desa/ Kelurahan), dan disalurkan langsung ke rumah penerima manfaat bila penerima manfaat termasuk pada disabilitas, lanjut usia, atau sakit. 

“Bagi setiap KPM yang menerima bantuan ini akan dilakukan geo tagging rumah KPM guna menjaga validitas bantuan tepat sasaran,” tegasnya. 

Adapun tahapan proses verifikasi KPM dari BLT BBM pada saat akan menerima bantuan ini, yaitu melalui face recognition , scan barcode cekpos digital yang terdapat pada SP KPM. 

Selain itu, apabila penerima manfaat diwakili oleh keluarga, maka akan diinput Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang mewakili, juga foto diri KPM atau yang mewakili, dan khusus untuk KPM difabel difoto seluruh badan. 

Sebagai informasi Pemerintah akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM kepada 20,6 juta keluarga penerima manfaat di Indonesia mulai 1 September 2022. Hal ini sebagai bentuk pengalihan atas kenaikan  Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

Untuk mengecek penerima BLT BBM bisa dilakukan melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.