News  

Jadwal Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Berlangsung 4 Tahap

Jadwal vaksinasi Covid-19
Jadwal vaksinasi Covid-19/fernando zhiminaicela/Pixabay

HALOBDG.com – Terkait pelaksanaan penyuntikan vaksin, Kementrian kesehatan menjelaskan bahwa jadwal vaksinasi Covid-19 akan berlangsung menjadi 4 tahap.

Tahap pertama, Vaksinasi Covid-19 rencanaya akan dilakukan pada 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri dikabarkan akan menjadi yang pertama yang akan disuntik vaksin Covid-19.

Kemudian tenaga kesehatan sebagai prioritas penerima vaksin. Vaksin Covid-19 ini juga diberikan pada mereka yang berusia di atas 18 tahun.

Jadwal Vaksinasi Covid-19:

Periode 1 (Januari-April 2021)

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 1 adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

– Periode 2 (Januari-April 2021)

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 2 adalah:

Petugas pelayanan publik, yaitu TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kelompok usia lanjut (di atas 60 tahun).

– Periode 3 (April 2021-Maret 2022)

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 3 adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

– Periode 4 (April 2021-Maret 2022)

Sasaran vaksinasi tahap 4 adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.(Kemenkes RI).

***