News  

Kini Tidak Ada Zona Merah di Jawa Barat

Resmikan Creative Centre, Ridwan Kamil Harap Pemuda Bogor Lahirkan Karya Bernilai Ekonomi

HALOBDG – Penanganan kasus Covid-19 di Jawa Barat mulai membuahkan hasil. Hal tersebut terbukti setelah tidak ada daerah yang masuk dalam kategori zona merah.

Sejak libur lebaran 2021 lalu, peningkatan kasus Covid-19 di Jabar memang sangat tinggi dan banyak kabupaten/kota di Jabar masuk daerah zona merah atau kategori tinggi.

“Kita tidak ada lagi zona merah per minggu ini seluruh wilayah di tanah Jawa Barat risiko tinggi sudah turun ke risiko sedang itu berkat kerja keras semua pihak dan juga doa semua pihak,” ujar Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Kota Bandung, Rabu (18/8/2021).

Selain itu, kata Ridwan Kamil, tingkat keterisian rumah sakit (bed occupancy rate/BOR) juga kembali turun. Saat ini, angka BOR di Jawa Barat turun ke 27 persen turun dari sebelumnya yang berada di angka 28,5 persen.

“Saya laporkan update terakhir pertama alhamdulillah keterisian rumah sakit kita rekor terendah ada di angka 27 persen. Tadi pagi masih saya posting 28,5 persen ternyata sekarang sudah turun lagi 27 koma sekian persen. Itu terendah dalam sejarah COVID di pengendalian rumah sakit,” kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

Sejalan dengan rentetan kabar baik, Pemda Provinsi Jawa Barat juga akan mempercepat program vaksinasi. Langkah ini dilakukan untuk mengejar kekebalan komunal pada akhir tahun nanti.

“Ini adalah perjuangan bersama. Setelah ini vaksinasi akan kita kejar setelah di pesantren juga di rumah-rumah ibadah. Di masjid-masjid, di gereja, di vihara, pura, semua tempat yang memadai kita kejar supaya bisa selesai di bulan Desember,” jelas Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil, Jabar sudah menyuntikkan 200.000 dosis per hari. Angka ini meningkat empat kali lipat dari semula hanya 50.000 dosis per hari.

“Hari ini sudah pecah rekor 200.000 dosis per hari dari yang tadinya 50.000 hari. Kembali itu adalah kerja kera semua pihak dan doa para guru kita,” kata Ridwan Kamil.