News  

Kota Bandung dan Bandung Barat Masuk Zona Merah Covid-19

Aplikasi PeduliLindungi
ilustrasi foto: pixabay

HALOBDG.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengumumkan bahwa Kota Bandung menjadi daerah berstatus zona merah atau daerah resiko tinggi kerawanan penularan Covid-19.

Selain Kota Bandung, terdapat empat daerah yang kembali berstatus zona merah yaitu Kota Depok, Bandung, Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Bandung Barat.

Berdasarkan evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan sebelumnya Kabupaten Bekasi dan Kota Bogor memang sudah masuk ke dalam zona merah. Jadi ada tiga daerah yang naik status ke zona merah

Sebelumnya, lima daerah di Jabar yang masuk dalam kategori zona merah pekan lalu yaitu, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon.

“Zona merah di Kabupaten-Kota Cirebon sudah turun, tapi pindah ke Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), dan saya minta di Kota Bandung dan KBB diserbu lagi teritorialnya,” ujar Emil, sapaannya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (5/10/2020).

Sekda Jawa Barat Setiawan Wangsaatmadja mengatakan status zona merah kelima daerah tersebut disebabkan makin meningkatnya penularan COVID-19 di daerah tersebut.

“Kota Bandung dan Kota Bekasi, padahal tadinya masuk risiko sedang. Kabupaten Bandung Barat minggu lalu risiko sedang, sekarang jadi risiko tinggi,” tutur Setiawan. (*)