News  

Logo Hari Guru Nasional 2022 PNG Free Download, Ini Linknya

Logo Hari Guru Nasional 2022 PNG
Logo Hari Guru Nasional 2022 PNG

JAKARTA, HALOBDG.com –  Kapan hari Guru 2022? Hari Guru Nasional (HGN) dperingati setiap tanggal 25 November. Tahun ini HGN jatuh pada hari Jumat. berikut link download logo Hari Guru Nasional 2022.

Peringatan Hari Guru Nasional 2022 bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI) ke 77.

Kementerian Agama merilis logo Hari Guru Nasional 2022 dengan tema “Berinovasi Mendidik Generasi”. 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, menjelaskan bahwa tema peringatan Hari Guru Nasional 2022 mengandung beberapa makna. Kata “berinovasi” mengandung pesan keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi, tercakup juga menyelaraskan teks dan konteks tanpa meninggalkan esensi. 

Sedangkan Kalimat “mendidik generasi” memberi pesan tentang tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan SDM unggul di masa mendatang. Tidak hanya memahami dan menguasai pengetahuan, melainkan harus diimbangi dengan implementasi nyata yang berjalan beriringan dengan etika. 

Sementara, sesain logo menggambarkan tujuh bentuk dan empat warna. Ketujuh bentuk itu adalah bunga tulip, matahari, pendidik, pena, buku, daun, dan garis zigzag. Sementara empat warna digunakan adalah emas, hijau, biru, dan crimson.

Melansir Kemendag.go.id, berikut filosofi bentuk dan warna logo HGN Kementerian Agama Tahun 2022:

1. Bunga Tulip
Simbol kasih sayang yang tak terhingga, merepresentasikan kasih sayang guru yang mendalam kepada muridnya.

2. Matahari
Melambangkan cahaya atau ilmu, bahwa seorang guru madrasah harus memiliki ilmu yang luas dan dalam. al-Ilmu Nuurun (Ilmu adalah cahaya).

3. Pendidik
Pendidik yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan yang secara ikhlas mendidik (pahlawan tanpa tanda jasa) untuk melahirkan generasi-generasi yang unggul, cerdas, dan berprestasi.

4. Pena
Melambangkan kreativitas guru madrasah yang mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan.

5. Buku
Jendela ilmu yang merupakan media dan sumber informasi untuk menemukan ide-ide seger sehingga menghasilkan inovasi-inovasi baru sesuai dengan kebutuhan zaman.

6. Daun
Melambangkan kontribusi guru guru madrasah yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang tulus dalam mengajar dan mendidik siswa.

7. Garis Zigzag
Transformasi guru madrasah yaitu kemauan beradaptasi di segala kondisi untuk menjadi guru yang hebat (great teachers).

8. Warna Logo
Ragam warna pada logo merepresentasikan sifat-sifat yang dimiliki guru.
Emas : Ceria dan optimis
Hijau : Religius dan harmonis
Biru : Cerdas dan bijaksana
Crimson : Hangat (simpati dan empati).

Berikut link Download Logo Hari Guru Nasional 2022 (klik disini)