Jabar, News  

Maskara, Mobil Transformer Yang Bantu Warga Sakit, Panen Hingga Hajatan

Halobdg.com – Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) yang diluncurkan Pemprov Jabar pada 2021 kini menjadi primadona di Desa Sukamantri, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang karena manfaatnya.

Pemerintah Desa Sukamantri memanfaatkan Maskara untuk keperluan masyarakat seperti mengantar warga sakit, mengangkut hasil panen, membayar PBB hingga kebutuhan resepsi pernikahan.

“Mobil tersebut sudah langsung digunakan untuk melayani kepentingan masyarakat dengan maksimal. Karena, mobil ini merupakan mobil multifungsi. Kata pak gubernur mah mobil Transformer karena bisa berubah sesuai dengan kondisi dan fungsi yang akan digunakan,” kata Kepala Desa Sukamantri, Dedi Junaedi.

Menurutnya berbagai fasilitas kendaraan yang dijuluki mobil transformer karena kegunaannya itu sangat berguna bagi kebutuhan warga karena memiliki instalasi pengeras suara atau sound system, infokus, peralatan kesehatan dan lainnya.

“Alhamdulillah, mobil Maskara sendiri juga sangat membantu warga yang hendak menggelar kenduri. Minimal bisa membantu mengurangi beban biaya jika salah satu warga memerlukan kebutuhan saat hajat,” terangnya.

Dijelaskan Dedi, untuk biaya operasional mobil Maskara sendiri langsung ditangani pihak desa, terutama saat warga desa memerlukan mobil tersebut dałam keadaan darurat.

Operasional mobil Maskara sendiri di Desa Sukamantri dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat dengan layanan 24 jam untuk warga. Sehingga, Dedi berharap pemanfaatan mobil Maskara sebagai wujud kepedulian pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memaksimalkan potensi dari desa bisa terus dimaksimalkan.

“Biar tidak sia-sia, karena bantuan ini cukup besar nilainya sehingga pihak pengelola dalam hal ini Bumdes agar menjaga dan merawat keberadaan Maskara demi kelancaran dalam hal pelayanan kupada warga,” pungkasnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi desa yang sudah memaksimalkan insentif dari pemerintah Provinsi Jawa Barat ini. “Jadi, aspirasi masyarakat desa dalam melakukan aktifitas sehari-hari bisa terbantu. Mobil multifungsi ala transformers ini bisa digunakan untuk angkut warga desa yang membutuhkan pertolongan, mengangkut hasil pertanian atau sarana penunjang hiburan dan olahraga,” paparnya.

Ia menambahkan, Pandemi Covid-19 mengajarkan juga jauh dari kota itu bisa lebih baik. Jadi ada semangat tinggal di desa rejeki kota dengan bisnis mendunia. “Itulah semangat Jawa Barat membangun desa dan selalu bersemangat melalui inovasi dan kolaborasi,” katanya

Keberadaan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) dari Pemprov Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Sukamantri. Bukan saja untuk kegiatan yang bersifat umum, namun untuk hal-hal sekecil apapun tapi yang bersifat darurat bisa dilayani.