Melalui Gerakan Hejo, Perhutani dan Alam Santosa Siap Jaga Kelestarian Alam Jabar

  • Whatsapp

HALOBDG.com – BANDUNG,- Dihadiri sejumlah pejabat tinggi, Alam Santosa Ekowisata dan Budaya menjalin kerjasama Gerakan Hejo bersama Perhutani sebagai bentuk komitmen pelestarian alam bersama. Kerjasama ini dilaksanakan bertepatan dengan peresmian Alam Santosa Ekowisata dan Budaya sebagai pusat pembelajaran desa wisata berbasis budaya nusantara, Sabtu (17/10).

Menanggapi kerjasama tersebut, Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin menyatakan sebagai mitra, pihaknya menyambut baik peresmian Alam Santosa Ekowisata dan Budaya. Terlebih didalamnya ada kerjasama Gerakan Hejo.

Bacaan Lainnya

“Permasalahan bencana lingkungan di Bandung tidak lepas dari kondisi alam di wilayah tangkapan air (water catchment area) Bandung Utara,” ungkapnya.

Komarudin menerangkan walaupun kondisi hutan KPH Bandung Utara masih baik, namun perlu partisipasi masyarakat sekitar hutan untuk menjaganya.  Apalagi masih banyak lahan kritis di luar kawasan hutan yang perlu diperbaiki. Sehingga memiliki fungsi perlindungan tanah dan air.

“Semoga dengan sinergi semua pihak alam di Bandung Utara semakin lestari,” harapnya.

Baca juga: Tahun ini Dana CSR Perhutani KPH Bandung Utara Terkonsentrasi untuk Penanganan Covid-19

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan pihaknya memberikan apresiasi dengan adanya kolaborasi antara Alam Santosa dengan Perhutani melalui Gerakan Hejo. Sebab, hal ini sangat berdampak besar bagi kelestarian alam dan budaya di Jawa Barat.

“Sesungguhnya mereka ini punya ide yang luar biasa untuk menjaga dan melestarikan alam. Namun terkadang terbentur kewenangan dan anggaran. Oleh sebab itu, peran pemerintah yang harus hadir,” paparnya.

Alam Sentosa sendiri merupakan ekowisata yang sangat berpihak pada alam dan kearifan lokal, Alam Santosa sangat cocok dijadikan tempat refreshing akhir pekan bersama keluarga atau rekan bisnis setelah disibukkan oleh berbagai rutinitas pekerjaan. Berbagai sajian dan keindahan yang ditawarkan Alam Santosa, menjadikan kawasan ini bak surga tersembunyi di kawasan Bandung Timur.

Baca juga: Primkopkar Perhutani KPH Bandung Utara Proteksi Area Parkir Orchid Forest dari Ancaman Covid-19

Karena tema yang diangkat ekowisata, pengunjung pastinya diajak untuk menyatu dengan alam. Pepohonan rimbun dan langka, areal persawahan, kolam pemancingan ikan, kawasan outbound di alam terbuka, kearifan lokal, makanan perdesaan, mengenal adat dan istiadat masyarakat setempat, penampilan seni tradisional masyarakat setempat, melongok penambangan batu dan hasil olahannya, menanam pohon dan panen tanaman padi, dan banyak lagi.

Alam Santosa Ekowisata dan Budaya ini letaknya berada di kaki Gunung Manglayang. Atau tepatnya berada di Jalan Pasir Impun Atas No. 5 A (3 KM dari LP. Sukamiskin), Kampung Sekebalimbing, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kab. Bandung, Cikadut, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. (jar)

Pos terkait