Viral! Video Temuan Uang Rp900 M di Rumah Ferdy Sambo, Ternyata Faktanya Kasus Dolar Palsu di Atlanta

PEngakuan sopir truk Kecelakaan maut balikpapan
Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Yusuf Sutejo/Foto:/PMJnews

HALOBDG.com – Viral di media sosial video bernarasi temuan uang Rp900 miliar di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Kepolisian berhasil mengungkap fakta terkait video tersebut.  Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menegaskan video itu merupakan berita bohong (hoax).

Faktanya tumpukan uang itu adalah pengungkapan kasus uang dolar palsu di Atlanta, Amerika Serikat.

“Video tumpukan uang tersebut adalah temuan kasus uang palsu dolar di Atlanta, Amerika Serikat (AS) pada tahun 2021 silam,” jelas Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepaada awak media, di Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Baca juga: 97 Personel Polri Diperiksa Diduga Terlibat Kasus Brigadir J

Dedi kembali menegaskan, video menarasikan adanya temuan uang Rp900 miliar di bungker rumah Irjen Pol Ferdy Sambo merupakan informasi bohong atau sesat.

Masih dari penuturannya, tim Polri melakukan penelusuran terhadap asal-usul video yang viral di masyarakat.

“Setelah ditelusuri oleh tim, ternyata video tersebut pernah ditayangkan oleh Global Chemical Laboratory tanggal 18 Juli 2021 terkait temuan uang palsu di Atlanta USA,” sambungnya.

Masih dari keterangan Dedi, Tim Khusus (Timsus) Polri memang melakukan penggeledahan beberapa waktu lalu di beberapa tempat. Antara lain, rumah Irjen Ferdy Sambo pada Selasa (9/8/2022).

Penyidik pun melakukan penyitaan beberapa barang bukti. Tetapi, tidak ada bungker berisikan uang Rp900 miliar yang disita.

Dalam penggeledahan tersebut pihak tim khusus didampingi oleh kuasa hukum, ketua RT, pihak keluarga dan penyidik lainnya.

Meski begitu, Dedi belum mau menjelaskan apa saja barang bukti yang disita dalam penggeledahan itu. (*)

 

Sumber: PMJnews