Jabar, News  

Persiapan Uji Dinamis, Kereta Inspeksi Jajal Rel KCJB

Persiapan uji dinamis kereta inspeksi (CIT) KCJB dalam rangka G20 Showcase terus dilakukan. Kereta inspeksi KCJB perdana akhirnya menjajal rel kereta cepat pada Kamis, 10 November 2022.

Pada persiapan uji dinamis, rangkaian kereta inspeksi KCJB melaju hingga DK126 atau Casting Yard 4 dengan kecepatan terbatas. Dalam persiapan uji dinamis ini dilakukan uji akselerasi hingga kecepatan 80 km per jam.

“Alhamdulillah persiapan uji dinamis kereta inspeksi yang dilakukan hari ini berjalan dengan baik. Persiapan uji dinamis ini akan terus kami lakukan agar semuanya berjalan lancar saat G20 showcase,” ujar GM Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry.

Pada persiapan uji dinamis yang digelar pada 10 November 2022, sistem kelistrikan sudah menyala. Selain itu dilakukan juga uji gerak, sistem pengereman pada kereta inspeksi hingga pengujian persinyalan.

“Kereta inspeksi ini adalah kereta yang akan digunakan pada uji dinamis dan hari ini merupakan hari perdana melaju di atas rel,” ujar Rahadian.

Untuk diketahui uji dinamis rangkaian kereta inspeksi KCJB menjadi bagian dalam G20 showcase pada 16 November mendatang. Proses uji dinamis ini akan disaksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping melalui telekonferensi. Selain melihat proses uji dinamis, kedua kepala negara tersebut juga akan menyaksikan kecanggihan teknologi kereta inspeksi KCJB.

Proses uji dinamis ini akan dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Kota Bandung. Pada proses uji dinamis, kereta inspeksi akan melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam