News  

Polisi Sebut Larangan Mudik Efektif Tekan Pemudik

PSSB, Mudik, Penyekatan Kota Bandung (Humas Pemkot)
PSSB, Mudik, Penyekatan Kota Bandung (Humas Pemkot)

HALOBDG – Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menyebutkan aturan larangan mudik sejak 6 Mei hingga 17 Mei 2021 mendatang dinilai efektif untuk menekan angka pemudik yang meninggalkan wilayahnya.

Pada awalnya, diprediksi 23 juta orang akan mudik namun nyatanya hanya 1,5 juta orang yang tercatat meninggalkan wilayahnya.

“Analisis dan evaluasi selama 8 hari Operasi Ketupat 2021, volume arus mudik kemarin turun yang menuju Jawa kurang lebih 74%, yang menuju Jawa Barat turun 100 persen, menuju Merak turun 45 persen,” jelasnya.

Istiono mengatakan upaya sosialisasi para petugas yang berada di 381 titik penyekatan sebagai upaya pencegahan berjalan maksimal.

“Ini artinya kesadaran masyarakat sudah bagus dan langkah-langkah tindakan untuk melakukan pencegahan, baik melalui sosialisasi maupun langkah penyekatan di lapangan, sangat efektif untuk dilakukan,” katanya.

Selain itu tercatat sebanyak 600.000 kendaraan diputar balik karena terindikasi mudik dan tidak bisa menentukan syarat-syarat yang ditentukan, sementara 600 travel gelap ditindak tegas.

“Selama 8 hari yang diputarbalikan 600.000 kendaraan. Travel gelap yang ditindak tegas ada 600 kendaraan,” katanya.