Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Segera Dikirim Ke Indonesia

Kereta Api Cepat
Kereta Api Cepat

Jakarta – Electric Multiple Unit (EMU) atau rangkaian kereta untuk kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah rampung diproduksi dan menjalani tes uji di pabrik di CRRC Sifang, Qingdao, provinsi Shandong, Tiongkok. Pada pertengahan Agustus, EMU atau rangkaian kereta cepat bernama KCIC400AF itu mulai dikirim ke Indonesia.

GM Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry menjelaskan, penyelesaian dan pengiriman rangkaian kereta cepat dari China ke Indonesia menjadi momentum yang baik. Penyelesaian dan pengiriman rangkaian kereta cepat ini juga menjadi salah satu upaya persiapan jelang pelaksanaan uji dinamis atau dynamic test pada gelaran G20.

Untuk diketahui KCIC400AF dirancang untuk beroperasi dengan kecepatan 350 km per jam. Rangkaian kereta cepat yang akan dikirim ke Indonesia ini juga memiliki teknologi canggih untuk menopang kebutuhan kenyamanan dan keamanan operasional.

“Rangkaian kereta cepat yang digunakan minim kebisingan dan getaran sehingga mampu memberikan kenyamanan optimal pada penumpang. Di sisi lain terdapat beragam equipment keamanan yang disiapkan dan sudah disesuaikan dengan kondisi geologis di sepanjang trase KCJB,” terangnya.

KCIC400AF memiliki kemampuan untuk memonitor adanya ancaman bagi operasional KCJB, seperti gempa bumi, banjir, serangan objek asing, dan tahan api.

Dari sisi desain, KCIC400AF terinsipirasi dari Komodo, hewan asli Indonesia. Bukan hanya itu, bagian interior KCIC400AF akan dihiasi dengan ornamen batik Mega Mendung khususnya di bagian kursi penumpang.

Rahadian memaparkan, rangkain kereta cepat ini akan dibagi menjadi beberapa kelas, mulai dari VIP Class, First Class, hingga Second Class. Untuk para penumpang difabel, KCIC400AF juga menyediakan gerbong khusus penyandang disabilitas dengan ruang yang lebih luas untuk pengguna kursi roda.

Selain rangkaian kereta cepat KCIC400AF, kereta inspeksi atau CIT juga dikirim bersamaan ke Indonesia. CIT memiliki peran penting dalam memastikan keamanan kondisi lintasan sebelum KCJB melayani penumpang.

Rahadian berharap proses pengiriman KCIC400AF ke Indonesia bisa berjalan tanpa kendala. Sehingga harapannya pada September, rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung ini sudah tiba di Indonesia.

Pos terkait