Ridwan Kamil Minta Maaf Soal Kerumunan Vaksinasi di Stadion GBLA

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

HALOBDG – Gubernur Jabar, Ridwan Kamil meminta maaf terkait kerumunan saat vaksinasi massal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (17/6/2021).

Hujan deras disertai angin membuat 11 tenda yang digunakan untuk vaksinasi roboh sehingga dilakukan tindakan darurat yaitu memindahkan ke dalam stadion.

Bacaan Lainnya

Kejadian ini membuat terjadinya kerumunan dan protokol kesehatan terkait pembatasan jaga jarak tidak berlaku.

Baca juga :  Restoran di Bandung Hanya Boleh Terima Pesanan Take Away

“Kami selaku Komite Penanganan COVID-19 Daerah meminta maaf atas ketidaknyamanan dan kerumunan dalam vaksinasi massal di Stadion GBLA.”

“Kami tidak mengantisipasi sebelumnya kemungkinan ada force majeure yang membuat kerumunan seperti yang terjadi,” katanta.

Di hari yang bersamaan, Kang Emil tidak berada di Kota Bandung karena tengah mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor dan Stasiun Kota Bogor.

Untuk menghindari kejadian serupa pada vaksinasi massal di tempat lain, Pemda Provinsi Jabar bersama TNI-Polri berkomitmen untuk terus mengevaluasi sistem pendaftaran dan pelaksanaan vaksinasi massal.

Vaksinasi massal bertajuk “Serbuan Vaksinasi” tersebut digelar sejak Kamis pagi. Rencananya, target vaksinasi massal di Stadion GBLA mencapai 5.000 orang  untuk wilayah Bandung Raya.

Kang Emil mengatakan, semua stadion di Jabar akan diarahkan untuk menjadi tempat vaksinasi massal, termasuk Stadion GBLA Bandung dan Stadion Pakansari Bogor.

Baca juga : Masyarakat Diminta Tidak Berlibur Dulu Ke Bandung

Stadion dipilih karena memiliki ruang terbuka yang cukup luas dan sirkulasi udara yang baik.

“Semua stadion di Jawa Barat diarahkan untuk menjadi tempat vaksinasi massal termasuk Stadion GBLA di Bandung. Ini sudah jadi instruksi Pak Presiden,” tuturnya.

Menurut Kang Emil, vaksinasi harus dipercepat karena pemerintah berpacu dengan kemunculan varian-varian baru COVID-19. “Semoga tercapai secepatnya kekebalan masyarakat melalui vaksin,” ucapnya.

Pos terkait