News  

Rumah Pemudik Yang Reaktif Covid-19 Bakal Ditempel Stiker Khusus

HALODBG – Rumah para pemudik yang kembali ke kota asalnya dan terbukti reaktif Covid-19 akan dipasang stiker khusus.

Hal itu dilakukan demi pendataan dan mengetahui siapa saja warga yang mudik lebaran sehingga bakal mendapat penanganan khusus serta meminimalisir hal-hal tidak diinginkan.

Beberapa hari terakhir warga memasang spanduk penolakan kedatangan pemudik tanpa adanya surat keterangan bebas Covid – 19 di lokasi tertentu.

Baca juga : Waspada Klaster Lebaran, Jabar Perkuat Rumah Sakit Rujukan Covid-19

“Bagi warga yang sudah pulang dan sudah sampai di Jakarta serta lolos dari pemeriksaan, untuk sebaiknya datang ke Polsek. Karena seluruh Polsek itu kita siapkan swab antigen gratis, karena memang ada fenomena RT-RW menolak warga yang mudik jika tidak memiliki surat swab negatif,” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus.

“Kami juga ada inovasi terbaru yakni dengan menempelkan stiker di depan rumah warga yang memang tengah menjalani isolasi mandiri atau sudah dirujuk ke rumah sakit untuk perawatan usai menjalani swab antigen,” katanya.

Yusri menjelaskan bila hasil swab antigen yang dilakukan menunjukkan hasil reaktif covid – 19 maka nantinya warga tersebut akan dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk menjalani isolasi.

Baca juga : 53 Pemudik di Jabar Positif Covid-19

“Kemarin pak Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya, sudah mengecek langsung kesiapan wisma atlet di beberapa tower yang ada untuk warga DKI Jakarta yang dinyatakan reaktif pada saat dilakukan pemeriksaan swab.”

“Ini masih berlanjut, kami akan akan mengupdate terus setiap hari berapa yang sudah masuk, berapa yang sudah dilakukan swab antigen dan berapa yang memang reaktif yang memang harus kita lakukan isolasi,” katanya.