News  

Waspada, Ini Kota-Kota Besar di Indonesia yang Berpotensi Banjir Rob dan Gelombang Tinggi

Dampak banjir rob di wilayah Jakut. (Foto: PMJ News).

HALOBDG.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini soal banjir rob dapat berpotensi melanda kota-kota besar di Tanah Air.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menegaskan kota-kota besar yang berpotensi terdampak ini terutama yang berada di pesisir atau pinggir pantai.

“Dampak gelombang tinggi ini terjadi di laut dan di pesisir. Kota-kota besar yang ada di pesisir misalnya Jakarta dan kemudian juga Semarang. Kemudian juga Surabaya, dan beberapa kota besar lainnya di pesisir,” ungkap Dwikorita, dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Lebih jauh Dwikorita mengungkapkan, kota-kota besar tersebut terutama yang menghadap ke Samudera Hindia, Samudra Pasifik, dan juga di beberapa titik di laut Jawa.

“Biasanya yang gelombang yang hingga mencapai 4, 6 meter itu adalah di wilayah yang berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia,” ucapnya.

Sementara itu, Deputi Meteorologi BMKG Guswanto membeberkan, kota-kota besar yang terdampak banjir rob ini terutama yang seamless atau garis pantai dengan wilayah daratannya tidak ada batas.

“Dampaknya itu kalau gelombang tinggi itu terhadap kota-kota besar. Kita lihat kota-kota besar mana yang masih memiliki jarak antara garis pantai dengan tanahnya atau wilayah ketinggiannya,” tandasnya. (PMJ)