News  

Wisatawan Membludak, Ridwan Kamil Tutup Wisata Pangandaran

HALOBDG – Beberapa tempat wisata diserbu pengunjung, salah satunya pantai Pangandaran. Hal tersebut karena berbarengan dengan libur lebaran 2021.

Selain itu aturan larangan mudik membuat masyarakat memilih berada di kotanya masing-masing.

Namun antusias masyarakat tidak sepadan dengan kapasitas tempat wisata yang harus menerapkan protokol kesehatan seperti 50 persen dari kapastitas total.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengeluarkan kebijakan baru untuk pengawasan dan pengendalian terhadap destinasi wisata dengan menginstruksikan akses menuju objek wisata di Pangandaran dan Ciwidey ditutup.

“Pangandaran dan akses ke Ciwidey disepakati ditutup untuk wisatawan,” kata Kang Emil.

Untuk objek wisata lain, Kang Emil menjelaskan seperti puncak dan Lembang masih aman dan terkendali. Ia mengimbau masyarakat, khususnya kepada wisatawan, untuk memutarbalikkan kendaraan karena akses ke Pangandaran dan Ciwidey akan ditutup.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, khususnya pemudik dan wisatawan, untuk putar balik karena Pangandaran dan Ciwidey akan ditutup,” ucapnya.

Di tengah pandemi COVID-19, perayaan Idulfitri tahun ini tentu akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat mesti beradaptasi dan menahan diri. Yang terpenting saat ini, kata Kang Emil, warga Jabar harus mengutamakan kesehatan keluarga, baik di rumah dan kampung halaman.

“Kesabaran adalah hal penting dalam menghadapi kesusahan di masa pandemi. Yaitu kesabaran menghadapi larangan pembatasan mudik, juga pelaksanaan Idulfitri, yang mungkin tidak nyaman, tapi itulah esensi ujian dan esensi latihan kesabaran,” tuturnya.