4 Cara Mengatasi Internet Lemot di HP dengan Mudah

mengatasi internet lemot di Ponsel
seorang pengguna mengakses internet di HP/ ilustrasi foto: pixabay

HALOBDG.com – Apakah Kamu pernah mengalami jaringan internet di handphone (HP) tiba-tiba lemot atau lambat? jika iya, berikut empat cara mengatasinya.

Memang menjengkelkan saat kita mengakses internet di ponsel yang tiba-tiba lemot. Sambungan internet pada ponsel sangat bergantung pada jaringan yang tersedia.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari Antara, agar kualitas jaringan internet pada ponsel tidak lambat, baru-baru ini Samsung Indonesia memberikan empat cara mengatasinya.

Baca juga: Hemat Kuota Internet Saat Browsing, Terapkan Cara Ini, Yuk!

Mengatasi Internet Lemot di HP

1. Restart Ponsel

Restart secara berkala Ponsel yang digunakan setiap hari selama berjam-jam agar perangkat tidak panas. Jika panas, kinerja ponsel akan melambat dan bisa jadi mengganggu koneksi internet. 

Untuk itu, pengguna disarankan melakukan restart ponsel secara berkala supaya performa ponsel terjaga dalam jangka panjang.

Setelah di restart, ponsel bisa kembali pulih setelah cukup lama menyala.  alternatif lainnya adalah mematikan ponsel ketika diisi daya supaya perangkat bisa beristirahat.

Baca juga: Ini Sejarah Internet dan Perkembangannya yang Harus Diketahui

2. Hapus aplikasi tidak terpakai

Semakin sering membuka aplikasi, maka kerja ponsel semakin berat sehingga menyebabkan internet “lemot”.

Kebiasaan menggunakan aplikasi akan sangat berpengaruh terhadap kerja ponsel.  Misalnya, setelah menggunakan aplikasi, menekan tombol home untuk keluar.

Cara ini sebenarnya tidak menutup aplikasi sehingga ia masih berjalan di latar belakang “background”. 

Akibatnya, RAM terus bekerja dan sambungan ke internet pun tetap berjalan. Tutup aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan dengan menekan ikon tiga garis di layar bawah. 

Selain menutup aplikasi dengan benar, matikan atau hapus aplikasi yang tidak pernah dipakai. Cara ini akan membantu mengoptimalkan performa ponsel dan sambungan internet.

Baca juga: Begini Cara Gunakan Wifi Gratis di Taman Kota Bandung Lengkap dengan Lokasinya

3. Blokir iklan

Membuka situs yang memiliki banyak banner iklan rupanya juga berpengaruh ke koneksi internet. Blokir iklan melalui setelan aplikasi peramban (browser yang digunakan). 

4. Maksimalkan jaringan 4G

Layanan 4G saat ini adalah jaringan data seluler yang paling terjangkau di Indonesia. Supaya bisa lancar menggunakan internet di ponsel, pilih operator seluler yang memiliki jaringan terbaik di lokasi tempat tinggal. (hn/antara)

Dapatkan berita terbaru dan artikel menarik lainnya di Google News

Pos terkait