Hemat Kuota Internet Saat Browsing, Terapkan Cara Ini, Yuk!

Cara Hemat Kuota Internet
Kuota Internet/pixabay

HALOBDG.com – Diera digital sekarang ini, kuota internet memang sudah menjadi hal yang diperlukan untuk berkomunikasi dan mengakses media sosial.

Jika kita tak pandai-pandai berhemat, bisa jadi pengeluaran bulanan akan membengkak. Apalagi jika kita tidak berlangganan dengan akses internet tak terbatas bisa menjadi beban tersendiri.

Bacaan Lainnya

Nah, berikut cara hemat kuota saat beraktivitas browsing. Simak ulasan sampai akhir ya!

1. Rajin Mengecek Pengeluaran Kuota

Pernahkah kuota internetmu tiba-tiba habis padahal baru beli? Pasti penyebabnya kamu menggunakan secara berlebihan untuk aktivitas browsing nih. Banyak orang pasti pernah mengalami hal seperti ini.

Maka dari itu,  penting lho mengecek pengeluaran kuota secara berkala. Dengan demikian kamu jadi lebih bisa membatasi pemakaian kuota tersebut untuk hal-hal yang memang dibutuhkan.

Misalnya jika kamu beli kuota untuk belajar, ya gunakan untuk belajar saja jangan tergiur melakukan browsing hal lain yang malah buat kebablasan. Mengecek kuota tersebut  juga bisa kamu jadikan patokan untuk melihat seberapa efektif sih paket internet yang kamu pakai sekarang?

2. Beli Paket Internet dengan Harga Terjangkau

Solusi agar kamu bisa berhemat saat bekerja dari rumah dan belajar daring yaitu harus membeli paket internet dengan harga terjangkau. Saat ini, beberapa penyedia layanan telekomunikasi seluler banyak yang menawarkan pilihan paket internet dengan harga murah.

Kuota tersebut bahkan bisa diakses secara gratis selama periode tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung anjuran pemerintah belajar di rumah. Kamu tinggal pilih saja mana yang cocok. Lebih mudahnya, saat ini pembelian kuota internet bisa dilakukan dengan beberapa metode baik secara offline maupun online.

3. Memakai Browser Irit Data

Memilih browser yang efektif untuk menunjang kegiatan WFH dan belajar daring ini juga penting.

Hal ini dimaksud agar kuota internetmu tidak cepat terkuras. Kamu bisa menggunakan browser internet seperti Google Chrome yang efektif  menghemat kuota internet.

Pasalnya aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan kamu bisa browsing dengan penggunaan data internet rendah.

Pada Google Chrome terdapat fitur click-to-play plugin yang dapat mencegah plugin otomatis pada suatu halaman. Selain itu, Chrome juga memiliki fitur dimana  pengguna tak perlu mendownload gambar saat mengakses suatu halaman di internet.

Agar penggunaan kuota lebih irit, kamu juga perlu mengaktifkan Lite Mode pada browser Chrome ini ya.

4. Nonaktifkan Update Secara Otomatis

Mendownload suatu konten di internet baik itu lagu, video, atau gambar tentu mengakibatkan kuota internet terkuras dengan cepat.

Jika kamu ingin berhemat, lebih baik jangan melakukan download terlebih dahulu.

Selain itu, menonaktifkan update otomatis Google Play Store juga penting diperhatikan. Kadang-kadang nih tanpa sadar seseorang  lupa menonaktifkan sehingga aplikasi  memperbaruhi sendiri. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan kuota menjadi boros.

Itulah tips hemat kuota saat WFH dan belajar daring yang efektif. Kamu bisa menerapkan tips diatas  jika ingin penggunaan kuota internetmu lebih hemat.

Namun ingat meskipun kamu bisa mendapatkan kuota internet murah atau bahkan gratis. Gunakan dengan bijak jangan malah dimanfaatkan untuk mengakses konten yang tidak pantas atau main game saja ya.

Pos terkait