5 Trik Bebas Ngemil saat Diet tapi Badan Tetap Langsing, Mau Coba?

Tips bebas ngemil saat diet
Tips bebas ngemil saat diet/pixabay

HALOBDG.com – Melihat makanan kecil tersedia mulut rasanya gatal mau ngemil. Sayangnya sering ngemil dapat mengakibatkan berat badan naik dan beberapa penyakit.

Kebayang, ya, bagi yang sedang menjalankan program diet, tentu sangat menyiksa. Jika Ngemil akan membuat diet gagal. Padahal ada trik bebas ngemil, lo, tetapi tetap langsing. Mau tahu, yuk, disimak!

Bacaan Lainnya

1. Pilih jenis camilan

Saat ingin ngemil hendaknya perhatikan apakah camilannya sehat atau kurang sehat. Seperti diketahui camilan kurang sehat misal, gorengan, aneka kue yang manis serta mengandung pemanis buatan, asin, dan mengandung kalori yang tinggi.

Camilan yang sehat seperti, camilan yang direbus, buah, sayuran, dan mengandung rendah kalori.

Nah, makanlah camilan yang sehat, ya. Misalnya, cookies dari bahan oats, ubi, pisang, singkong rebus, serta buah.

Baca juga: 10 Rekomendasi Resep Olahan Labu Kuning yang Nikmat dan Sehat untuk Camilan di Rumah

2. Jumlah camilan

Nah, walaupun kamu sudah makan camilan sehat tetapi tetap harus diperhatikan jumlahnya.

Bukan berarti makanan tersebut bebas dikonsumsi dalam jumlah banyak. Ingat, lo, camilan sehat tetap mengandung gula dan kalori.

Buat yang gak tahan ingin ngemil camilan kurang sehat, kamu masih bisa menikmati.

Caranya, makan dalam porsi sedikit atau secukupnya. Dengan demikian kamu gak lupa diri saat ngemil dan program dietmu tidak gagal.

Baca juga: 5 Kiat Diet Efektif Agar Tubuh Lebih Langsing, Patut Dicoba

3. Mengetahui waktu ngemil

Kalau sudah ingin ngemil maunya langsung disantap, ya. Eit, ingat nanti program dietnya gagal.

Jadi caranya kamu harus tau kapan saja jam bebas ngemil kamu. Jangan ngemil saat mau makan besar seperti, mau sarapan, makan siang, dan malam.

Usahakan dua jam sebelum atau sesudah makan besar tersebut jika mau ngemil. Semua ini agar perutmu dapat mencerna camilan tersebut dengan baik.

Satu lagi, jangan ngemil saat mau tidur malam karena kalori dan lemak tidak dapat dicerna dengan baik. Semua itu dapat menimbulkan obesitas.

4. Jangan memilih camilan kemasan

Camilan kemasan sangat praktis karena kamu gak usah repot-repot membuatnya.

Namun, kamu harus waspada karena camilan ini mengandung kalori yang cukup tinggi dan kandungan nutrisinya sudah berkurang walaupun berlabel sehat.

Hal ini karena makanan kemasan sudah diproses berulang kali agar lebih awet.

Jadi, alangkah baiknya jika kamu membuat camilan sendiri. Selain lebih sehat kamu dapat mengetahui kalori yang terkandung di dalamnya.

5. Jangan makan langsung dari kemasan

Camilan dalam kemasan memang praktis untuk ngemil. Namun rata-rata kemasan camilan tersebut ukurannya besar sehingga kamu harus menghabiskannya.

Jadi jika terpaksa kamu ngemil camilan dalam kemasan besar jangan makan langsung pada bungkusnya. Pindahkan pada mangkuk yang kecil sehingga kamu tidak harus menghabiskan.

Ngemil memang enak banget, apalagi sambil nonton film favorit. Jangan takut kebiasaan ngemilmu masih bisa walaupun sedang diet, asal mengikuti trik di atas.

Program diet gak gagal, tetap ngemil tapi gak merasa bersalah. Dan yang terpenting badanmu tetap langsing. Selamat mencoba 5 trik bebas ngemil diatas.

Pos terkait