Agar Gejala Flu Cepat Pulih, Terapkan dua Pola Makan Berikut Ini

Ilustrasi orang yang bergejala flu (foto: pexel)

HALOBDG.com – Perubahan musim dipercaya menajadi salah satu penyebab orang mengalami gejala flu seperti demam, batuk, dan pilek.

Agar cepat pulih, orang yang sedang flu dianjurkan untuk istrihat dengan cukup dan mengonsumsi obat. Selain itu pola makan juga salah satu peran penting dalam masa penyembuhan.

Dilansir dari laman Indian Express, Minggu (9/1/2022), pola makan ini juga berguna membangun kekebalan dalam waktu lebih lama. Berikut adalah dua contoh pola makan yang dapat membantu pemulihan flu.

Pertama, saat bangun tidur, seseorang bisa memilih lada hitam dan teh jaggery dengan segenggam kacang yang direndam (5 almond, 1 ara, 3-4 kismis). Lalu sarapan dengan telur dan roti panggang atau satu panner paratha, secangkir tulsi adrak masala chai.

Selingannya bisa apel (taburkan campuran biji di atasnya). Makan siangnya, kari ayam. sabzi pilihan, roti dengan ghee hingga sup sayur atau sup kaldu tulang ketika makan malam.

Kedua, Chawla menyebutkan diet membangun kekebalan juga perlu membantu mengontrol gula darah. Penting menambahkan makanan yang membantu kesehatan usus karena sekitar 70-80 persen sistem kekebalan hidup di usus.

Hal itu bisa dengan rajin menambahkan makanan yang kaya antioksidan. Saat bangun tidur, minum air hangat dan jeruk nipis. Lalu lengkapi asupan dengan smoothies sayuran hijau dengan memilih buah berserat tinggi seperti apel atau jeruk.

Anda juga dapat menambahkan satu sendok teh bubuk yang kaya vitamin C (antioksidan) untuk membantu memulihkan kekebalan.

Pos terkait