5 Tempat Wisata Petik Buah dan Sayur di Kota Bandung yang Wajib Dikunjungi

petik buah dan sayur di Kota Bandung
Agrowisata Tani Kota Bandung/https://disbudpar.bandung.go.id/

HALOBDG.com – Tempat wisata petik buah dan sayur kini hadir di Kota Bandung.

Kota Bandung menjadi salah satu kota tujuan wisata favorit di Indonesia. Banyak spot wisata yang menarik dan instagramable di Bandung.

Bacaan Lainnya

Tak hanya wisata untuk berswafoto, kota Bandung juga memiliki tempat agrowisata, diantaranya wisata petih buah dan sayur.

Baca juga: Kota Bandung Ada Wisata Petik Jeruk Loh, Cek Lokasinya

Rekomendasi wisata petik buah dan sayur di Kota Bandung.

  • Mupu Jeruk

Tempat wisata yang memiliki slogan “Wisata petik sendiri bauh jeruk dekopon” ini berada di lahan seluas 3 hektar.

Agrowisata yang memiliki lebih dari 1.000 pohon jenuk Dekopon ini memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensai memetik buah jeruk yang masih segar di lingkungan yang asri dan terjaga.

Wisata ini cocok buat kamu yang ingin memanfaatkan waktu liburan kamu bersama keluarga dengan berkunjung ke agrowisata Mupu Jeruk.

Lokasi Mupu Jeruk sendiri berada di Jl. Setiabudhi No.380B, isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pengunjung yang ingin merasakan sensasi memetik langsung, dapat merasakannya di sini. Sesuai dengan namanya, ”Mupu” yang berarti ”petik” dalam bahasa Sunda.

Tidak hanya kegiatan memetik jeruk, ada banyak aktifitas dan fasilitas tersedia di Mupu Jeruk yang sangat cocok untuk dilakukan baik bersama keluarga ataupun bersama kolega Anda.

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.380B, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung

Media Sosial: mupujeruk.com / @mupu_jeruk

Cara Kesini: Stasiun Kota Bandung – Naik bus tujuan Lembang – Berhenti di pintu masuk Mupu Jeruk Harga : Rp 9.000.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Ngehits di Kabupaten Bandung

  • Sein Farm Sekamala 

Belajar berkebun dan beternak sambil berwisata, kenapa tidak? Di SEIN Farm atau Sekemala Integrated Farming pengunjung bisa beriwisata edukasi tentang pertanian sambil menikmati keindahan alam Kota Bandung dari Ketinggian. SEIN Farm menyuguhkan beragam budi daya ikan, hewan ternak serta pertanian yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang program ketahanan pangan di Kota Bandung.

Di SEIN Farm, wisatawan bisa melakukan beragam kegiatan edukatif yang menarik. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati pesona Kota Bandung dari kaki Gunung Mangalayang. Dengan adanya SEIN Farm Bandung, wisatawan bisa belajar memanfaatkan pekarangan atau lahan yang ada dengan berkebun untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri atau biasa dikenal dengan konsep Urban Farming.

Bagi wisatawan yang berkunjung bisa terlebih dahulu mendaftarkan diri di http://bit.ly/SEINfarm. SEIN Farm sendiri di hari biasa buka dari dari Selasa sampai Minggu 09.00 – 12.00 dan Pukul 14.00 – 16.30 WIB. Sedangkan di akhir pekan buka dari pukul 08.00 – 12.00 dan Pkl. 14.00 – 20.00 WIB.

Alamat: Jl. Sekemala, Pasanggrahan, Kec. Ujung Berung, Kota Bandung

Media Sosial: buruansae.bandung.go.id

Cara Kesini: Naik Damri di Halte TMB Cicaheum tujuan Cileunyi – Berhenti di Akper Bhakti Kencana – Naik Ojek ke Sein Farm Sekamala. Biaya: +- Rp 30.000,00 Tiket dan informasi : ANGKOT – (021) 72793530 DAMRI – 1 500 825.

Baca juga: Food Street Valkenet Taman Malabar Jadi Barometer Wisata Kuliner Halal Kota Bandung

  • Tropical Grapes Garden

Tropical Grapes Garden merupakan salah satu agrowisata anggur di Kota Bandung yang didirikan oleh Kang Wisnu.

Tropical Grapes Garden atau biasa disebut TGG yang beralamat di Jl. Aditya No.3, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung.

Tropical Grapes Garden menjadi salah satu tempat belajar budidaya anggur mulai dari pembibitan hingga petik angggur.

Di Tropical Grapes Garden terdapat kurang lebih 70 – 80 jenis anggur dibudidayakan seperti jenis agggur Bravissimo, Sonaka, Jupiter, Smelev, Heliodor, Baikonur, Taldun, Bogema, Benny Pizutuello dan banyak jenis laiinya.

Menariknya lagi, di Tropical Grapes Garden wisatawan bisa membeli langsung berbagai jenis bibit anggur untuk dibudidayakan di rumah.

Bahkan, jika wisatawan datang di waktu anggur lagi panen, bisa langsung mencicipi atau membeli anggur dari pohonnya.

Alamat: di Jl. Aditya No.3, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung

Media Sosial: @tropical_grapes_garden

Cara Kesini: Stasiun Bandung – Naik Angkot atau Damri tujuan Gedebage – Berhenti di Depan Kantor Polda Jawa Barat – Jalan Kaki 10 menit sampai ke Tropical Grapes Garden. Biaya: Rp 12.000,00. Tiket dan informasi : ANGKOT – (021) 72793530

  • Jambu Batu Cigadung 

Belum banyak yang tau bahwa di Kota Bandung ternyata terdapat agrowisata petik Jambu Batu di daerah Cigadung.

Jambu Batu Cigadung ditanam dilahan seluas 1,4 hektare milik PT PLN. Tempat ini terbuka gratis untuk masyarakat umum yang ingin merasakan sensasi makan atau memetik jambu langsung dari pohonnya mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Di kebun ini, masyarakat juga bisa berfoto selfi dengan latar buah jambu biji. Namun jika pengunjung membil buah jambunya hanya merogoh kocek Rp5.000 rupiah untuk satu kilogramnya.

Jenis jambu yang ditanam di sini ialah jenis jambu Bangkok dengan bibit dari Sukabumi. Mayoritas jambu yang ditanam disini merupakan jenis jambu merah yang cocok untuk dijadikan jus dan kaya akan manfaat.

Alamat: Jl. Cigadung Raya Barat No.27, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung

Cara Kesini: Stasiun Bandung – Angkot Halte Dago – Gedung Pascasarjana STKS – Lalu jalan kaki atau naik ojek ke Jambu Batu Cigadung.

  • Tani Kota Bandung 

Agrowisata ini sangat cocok untuk anak-anak yang akan menjadi generasi penerus nantinya. Tani Kota dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk melakukan kegiatan pertanian di perkotaan.

Kegiatan wisata pertanian di Tani Kota masih tradisional dimana pengunjung akan dikenalkan dengan hortikultura, budidaya tanaman kebun seperti sayuran.

Di Tani Kota, kita akan dijelaskan budidaya tanaman selada, bayam, cabai, kangkung, dan lainnya. Jika kebetulan sedang saatnya panen, pengunjung dapat ikut merasakan memanen sayuran. Asyiknya lagi, sayuran yang kita petik sendiri dapat dibawa pulang.

Di Tani Kota juga terdapat sawah. Anak-anak kota yang lebih sering berjalan di pertokoan di dalam mal, kali ini akan diajak berjalan menyusuri pematang sawah. Tidak hanya merasakan suasana yang berbeda, tapi juga sekaligus belajar mencintai alam.

Alamat : Jalan Cisitu Indah VI, Dago, Coblong, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Media Sosial : @tani_Kota

Cara Kesini: Staisun Bandung – Angkot Halte Dago – Naik Ojek ke Tani Kota Bandung

Pos terkait