Harga Daging Sapi di Kota Bandung Naik Hingga Rp 160 Ribu per Kilogram

Harga daging sapi
Foto ilustrasi (pixabay)

HALOBDG.com – Menjelang lebaran idul fitri 2022, harga daging sapi di Kota Bandung mengalami kenaikan.

Kenaikan daging sapi di kota Bandung tembus hingga harga Rp 160 ribu per kilogram.

Bacaan Lainnya

Naiknya harga daging Sapi di Kota Bandung terungkap saat Dinas Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung melakukan inspeksi ke Pasar Kosambi.

Selain daging Sapi, sejumlah kebutuhan pokok lainnya mengalami kenaikan namun persediaannya dipastikan masih aman menjelang Lebaran.

“Dua komoditas yang mengalami kenaikan, pantauan kami daging sapi dan cabai keriting. Daging sapi sekarang sudah di Rp 140 ribu sampai Rp 160 ribu, kalau cabai itu Rp 56-60 ribu dari kemarin Rp 38 ribu per kilogram,” kata Kadisdagin Kota Bandung Elly Wasliah, Senin (25/4/2022).

Sementara harga cabai merah tanjung yang sebelumnya Rp 45 ribu per kilogram kini menjadi Rp70-80 ribu per kilogram.

“Itu saja yang mengalami kenaikan. Sisanya relatif stabil komoditas lain, beras, daging ayam, telur aman,” ungkapnya.

Elly mengungkap kenaikan terjadi dipengaruhi karena akhir pekan kemarin terjadi lonjakan pemudik yang kembali ke Kota Bandung. Warga akhirnya banyak yang berbelanja karena menyambut keluarganya di rumah.

“Sabtu Minggu kemarin puncaknya ya, karena ada yang pulang kampung juga intinya. Mudah-mudahan setelah ini tidak ada kenaikan kembali,” tuturnya.

Elly pun mengimbau pedagang tetap menjaga harga yang wajar di pasaran. Sementara untuk warga yang hendak berbelanja, ia mengingatkan agar tak ada panik buying menjelang Lebaran.

“Yang penting dipersiapkan stoknya mudah mudahan tetap aman, harga juga kalo bisa wajar lah terus yang penting jangan panic buying. Jangan beli beli berlebihan, secukupnya aja,” pungkasnya. (*)