New Normal, Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda Bandung Siap Dibuka Kembali

  • Whatsapp
tahura Djuanda bandung

HALObdg – Salah satu tempat wisata di Bandung yaitu Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda Bandung akan dibuka kembali bagi wisatawan pada 12 Juni 2020.

Namun ada beberapa persyaratan bagi para pengunjung yang hendak berwisata ke taman Tahura Djuanda.

Bacaan Lainnya

Kepala Tahura Ir. H. Djuanda, Lianda Lubis mengatakan ada beberapa persyaratan bagi para pengunjung yang hendak berwisata ke taman Tahura Djuanda Bandung.

“Harus reservasi dulu 1 hari sebelumnya via website. Pembayaran dilakukan saat mendaftar. Kuota yang boleh masuk maksimal 250 orang, dan hanya membuka 3 pintu,” kata Linda seperti dikutip prfmnews, Minggu (7/6/2020).

Baca juga: Asyik, Bandung Punya Wisata Edukasi Nuklir

Peraturan tersebut diberlakukan guna memberi kenyamanan bagi para pengunjung selama masa new normal pandemi virus Corona. Selain itu, pihak pengelola juga akan membatasi aktivitas pengunjung Tahura.

“Kita batasi tidak aktivitas gathering, tidak ada wedding atau prewed atau aktivitas menggunakan bunyi-bunyian yang keras. Beberapa tempat masih kami tutup seperti goa Jepang dan Belanda,” kata Linda.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Terkenal di Lembang Bandung yang Jadi Favorit Wisatawan

Linda mengingtkan kepada pengunjung yang akan berwisata ke Tahura Bandung untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Masuk ke kawasan tahura ada protokol kesehatan dan tempat cuci tangan. Pengunjung harus bawa alat makan sendiri. Satu kelompok kita anggap satu keluarga dan harus jaga jarak,” ujarnya.

Sekilas tentang Tahura Djuanda

Taman hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda merupakan kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan dan/atau satwa yang alami atau buatan yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, pendidikan, menunjang budidaya, budaya pariwisata dan rekreasi.

Lokasi Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda

Tahura Djuanda terletak disebelah Utara kota Bandung berjarak ±7 Km dari pusat Kota. Alamatnya di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

Daerah hutan ini berada di ketinggian 770 – 1330 dpl. Luas area taman ini sekitar 590 ha yang membentang dari kawasan dago pakar sampai dengan Maribaya Lembang.

Ada beberapa pintu gerbang masuk untuk menuju ke THR Juanda. Namun akses yang paling mudah adalah di pintu gerbang dago pakar.

Spot Wisata di THR Juanda Bandung

Ada beberapa spot wisata di THR Juanda Bandung yang bisa dikunjungi saat berwisata ke sini.

Beberapa tempat wisata tersebut malah lebih dikenal dibandingkan dengan Tahura Juanda, padahal berada didalam kawasan THR Juanda.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa dilakukan di dalam area Tahura Juanda Bandung.

1. Goa Jepang

Konon pembangunan Goa ini dilakukan oleh para tenaga kerja secara paksa yang pada saat itu disebut “romusa” atau “nala karta”.

Goa ini yang terdapat di daerah perbukitan  Pakar tepatnya berada dalam wilayah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda mempunyai 4 pintu dan 2 saluran udara.

2. Goa Belanda

Dibangun pada tahun 1918, goa Belanda ini diperkirakan dipergunakan sebagai markas militer, penjara, gudang penyimpanan senjata, pusat komunikasi, dan juga PLTA.

Goa Belanda memiliki fasilitas yang cukup bagus dan lengkap, sepintas lebih modern dibanding dengan goa jepang.

3. Curug Omas

Curug Omas setinggi ±30 meter ini berdekatan dengan obyek wisata Maribaya. Diatas air terjun ini terdapat jembatan yang dapat digunakan untuk melintasinya.

Diatas curug Omas terdapat sebuah jembatan yang memacu adrenalin siapapun yang melintasinya, demikian pula yang dibagian bawah Curug Omas terdapat sebuah jembatan yang melintasi sungai yang mengalir dari atas curug.

4. Curug Dago

Curug Dago terletak di bagian utara Kota Bandung, merupakan kawasan konservasi dan menjadi satu kesatuan dengan kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Saat ini Curug Dago memiliki pemandangan alam ekosistem hutan dan perkampungan Sunda pada kanan kiri aliran sungai Cikapundung.

Keindahan air terjun sungai Cikapundung setinggi ±15 meter, dilengkapi dengan dua buah batu prasasti peninggalan kerajaan Thailand, serta tempat peristirahatan yang sejuk di bawah pohon-pohon hutan.

5. Tebing Keraton

Tempat ini tentunya sudah tidak asing lagi. Tempat dan suasananya yang memang “instagramable” jadi banyak tujuan pengunjung.

Area ini pun masuk kedalam area Taman hutan raya Juanda lho. Hanya saja tiket masuknya berbeda.

Untuk menuju lokasi tebing keraton, anda cukup belok kanan di pertigaan setelah gerbang tahura Dago.

Fasilitas Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda Bandung

  • Mushola dan Lapangan Parkir
  • Arena Bermain
  • Shelter
  • Panggung Terbuka

Harga Tiket Masuk Tahura Juanda

Harga tiket masuk taman hutan raya juanda adalah Rp 11.000 untuk pengunjung domestik, dan Rp 76.000 untuk wisatawan luar.  (harga tiket bisa saja berubah).

Baca juga:

Harga Tiket Masuk Wisata The Great Asia Afrika Lembang Terbaru

Harga Tiket Masuk Green Grass Cikole, Objek Wisata Alam Terbaru di Lembang

Harga Tiket Masuk Lembang Park Zoo, Kebun Binatang di Lembang Berarsitektur Modern

Wow, Selepas Covid-19, KBM Ecoutourism Perhutani Beri Diskon 50% Tiket Masuk Dua Wisata Favorit di Bandung

 

Pos terkait