Ini Lokasi Job Fair Disnaker Kota Bandung, Ada 4.000 Loker Buat SMA, SMK dan Disabilitas

Lokasi Job Fair Disnaker Kota Bandung, Ada 4.000 Loker
Job Fair Disnaker Kota Bandung

KOTA BANDUNG, HALOBDG.com РDinas Tenaga Kerja Kota Bandung akan mengadakan Job Fair pada 2-3 November 2022 mendatang di Festival Citylink. 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung, Andri Darusman mengungkapkan pada Job Fair tahun ini tersedia 4.000 lowongan kerja (loker) dari 40 perusahan.

“Ada 40 perusahaan yang nanti membuka stan. Tersedia 4.000 lowongan kerja (loker) pada Job Fair kali ini,” ungkapnya.

Baca juga: Lowongan Kerja Kemenkominfo, Daftar via Situs seleksi.kominfo.go.id

Ia menargetkan sebanyak 50 persen para pelamar bisa diterima oleh perusahaan. Sebab, tahun lalu Disnaker berhasil mencapai 50 persen lebih. Padahal, standar nasional hanya 40 persen.

“Job Fair ini terbuka untuk umum. Banyak yang dari SMA, SMK, dan tenaga kerja untuk disabilitas, seperti daksa ringan, tuna rungu, serta tuna wicara,” tuturnya.

Perusahaan yang paling banyak membuka loker berasal dari sektor ritel, seperti Alfamart, Indomarco, dan toko lainnya.

Ia mengimbau agar para pelamar mempersiapkan beberapa hal untuk bisa direkrut oleh perusahaan. Sebab ada tujuh perusahaan yang siap melakukan wawancara on the spot.

“Siapkan portofolio secara lengkap dan berkas-berkasnya. Harus tampil menarik karena ada tujuh perusahaan yang siap melakukan wawancara on the spot di ruang yang telah disediakan,” jelasnya.

Ia menambahkan, para peserta jangan lupa membawa ponsel karena registrasi akan dilakukan dengan scan barcode.

Marsana juga menuturkan, ada beberapa tip yang bisa dilakukan untuk membuat curriculum vitae (CV) lebih menarik di mata HRD.

“Di medsos kita ada tips khusus cara membuat CV atau lamaran kerja yang benar serta cara menjawab WA dari HRD dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bandung, Marsana mengatakan, Disnaker menyediakan aplikasi Job Fair bernama New Bimma.

“New Bimma merupakan aplikasi ketenagakerjaan milik Disnaker. Fungsinya agar bisa diakses masyarakat tanpa perlu jauh-jauh datang ke kantor,” ujar Marsana.

Beragam pekerjaan bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan passion masing-masing dalam aplikasi tersebut. Sudah dua tahun Job Fair daring dilakukan. (*)