Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi, Detektif Pelacak Orang yang Terinfeksi Virus Corona

Aplikasi PeduliLindungi
ilustrasi foto: pixabay

Melalui aplikasi PeduliLindungi ini bisa melakukan pelacakan dan pencegahan penyebaran virus corona, selain itu bisa menghindari mereka yang terpapar dan membantu menekan paparan virus Corona.

PeduliLindungi  merupakan aplikasi detektif digital yang bisa melacak orang yang terpapar virus Corona (Covid-19). Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Bacaan Lainnya

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gadget Anda dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Aplikasi ini akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

Ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

PeduliLindungi mengklaim sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular Covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Smartphone yang sudah meng-install akan diberikan notifikasi saat yang bersangkutan berada di sekitar orang terpapar Covid-19 dan meminta menjauh tanpa tahu siapa yang terpapar sebagai aspek perlindungan data pribadi.

Saat ini, aplikasi sudah bisa diunduh di PlayStore dan AppStore. Sejak diluncurkan awal April aplikasi ini sudah diunduh 1.915.874 pengguna.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi:

1. Buka Play Store lalu cari “PeduliLindungi” dan unduh.

2. Setelah proses unduh dan installselesai, buka aplikasi itu.

3. Di laman awal PeduliLindungipilih menu “JADI PARTISIPAN”.

4. Masukkan nomor ponsel dan nama lengkap lalu ketuk “KIRIM OTP”.

5. Masukkan kode OTP yang dikirim via SMS lalu ketuk “VERIFIKASI”.

6. PeduliLindungilalu akan meminta persetujuan akses bluetooth, ponsel, dan lokasi (GPS)

7. Beri akses itu lalu ketuk “MENUJU BERANDA”.

8. Di laman beranda, ketuk ikon shareuntuk mengajak teman dan keluarga berpartisipasi. Tautan download akan dikirimkan via SMS, WhatsAppTwitter, atau email.

9. PeduliLindungijuga punya opsi hemat baterai via mode power saving.

10. Pastikan aplikasi PeduliLindungiselalu dalam keadaan terbuka agar aplikasi terus berfungsi.

 

Pos terkait