“promo
Bewara  

Kisah-Kisah Misterius Tentang Kota Saranjana, Kota Gaib yang Mewah dan Modern

Kisah-Kisah Misterius Tentang Kota Saranjana
Kisah-Kisah Misterius Tentang Kota Saranjana/net

HALOBDG.com – Pernah mendengar Saranjana? Ya kota yang masih menjadi misteri keberadaanya hingga saat ini. Namun ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa Kota Saranjana merupakan Kota Gaib yang ada di Pulau Kalimantan.

Bagi masyarakat Kalimantan, Kisah megenai Kota Saranjana pun sudah melegenda. Namun keberadaan kota ini masih misterius karena tidak tercatat pada peta Indonesia.

Baru-baru ini, Kisah tentang Kota Saranjana kembali ramai dalam beberapa unggahan di Media Sosial. Dalam unggahan foto tersebut diduga adalah Kota Gaib Saranjana berada di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Diketahui, Kota Saranjana dipercaya dipercaya dihuni oleh para Jin yang tidak kasat mata. Beberapa  kejadian mistis seperti mobil-mobil mewah yang dipesan dari kota ini, peradaban yang sangat canggih, sampai pengalaman mistis para musisi yang percaya bahwa mereka pernah manggung di kota yang tak terlihat, Saranjana.

Sebuah unggahan seorang perempuan yang berfoto yang dari postingan @sosmedkeras dia bilang: bahwa aslinya di belakang perempuan ini hanyalah hutan, tidak ada bangunan/nuansa kota seperti yang terlihat di fotonya.

Konon sang perempuan ini kaget ketika melihat fotonya yang ternyata di belakangnya terlihat pemandangan kota yang sebenarnya dia tidak bisa lihat.

Namun, keaslian dari cerita ini tentu hanya pengunggah yang tahu.

Tapi hal ini sempat sangat viral di Indonesia. Bahkan, beberapa orang juga mencoba untuk menaikkan kontras dari foto ini dan terlihat seperti ada kota yang super advance yang berada di belakang perempuan ini.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Kota Saranjana dipercaya berada di Desa Oka-Oka, Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Penamaan Saranjana sendiri berasal dari kisah legenda loka. Gunung Saranjana dipercaya sebagai jelmaan dari seorang tokoh yang bernama Sambu Ranjana dalam Legenda Kerajaan Pulau Halimun.

Dalam legenda tersebut diceritakan bahwa Raja Pakurindang itu memiliki 2 putra, yaitu Sambu Batu dan Sambu Ranjana.

Lantas benarkah kota Saranjana ini benar-benar ada?

Beberapa waktu lalu sempat viral di TikTok tentang ‘kota gaib’ Saranjana setelah unggahan di akun @rahayuhandayani88 akhir Desember 2022 lalu.

Saranjana disebut kota gaib yang sangat megah dan modern. Kabarnya, Saranjana ini berada di Pulau Halimun atau pulau Laut yang ada di ibu kota Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Saranjana ini menjadi cerita yang melegenda, beredar dari mulut ke mulut. Konon katanya Saranjana adalah kerajaan atau kota besar alam gaib yang makmur.

Ada yang mempercayainya dan bahkan tidak sedikit yang mengaku pernah masuk ke kotanya. Cerita ini memang belum ada bukti ilmiahnya, namun ceritanya seolah tidak pernah mati.

Berikut ini Sejumlah kisah misterius tentang kota gaib Saranjana:

1. Kedatangan alat berat tanpa pemilik

Pada 1980-an, pernah ada cerita tentang pemerintah setempat yang dikejutkan dengan kemunculan sejumlah alat berat pesanan dari Jakarta. Semua alat berat dengan nilai yang mahal dan cash dipesan oleh seseorang yang meminta dikirimkan ke Saranjana.

Padahal secara administratif di Kabupaten Kotabaru, kota Saranjana di dunia nyata tidak ada. Cerita lawas ini melegenda hingga sekarang.

2. Saranjana dihuni oleh jin muslim

Konon katanya kota gaib Saranjana dihuni oleh jin muslim. Tidak sedikit yang mengaku pernah masuk ke Saranjana, mengatakan jika kota megah dan mansyur itu penuhi oleh gedung pencakar langit yang indah.

Selain itu saranjana adalah kota yang sistem pemerintahannya adalah kerajaan dan mayoritas penduduknya beragama Islam.

3. Penduduk saranjana yang rupawan

Kabarnya Saranjana memiliki penduduk dengan visual yang rupawan. Perempuan yang cantik dan laki-laki yang gagah. Tidak hanya cantik fisik, penghuni Saranjana juga disebut sebagai mahkluk yang ramah.

Sehari-hari penduduk kota gaib Saranjana berkomunikasi menggunakan bahasa Banjar.

4. Sayur dan buah dengan ukuran jumbo

Menurut cerita yang beredar, perbedaan antara Saranjana dan dunia nyata bisa dilihat dari ukuran sayur dan buah. Di Kota Saranjana buah berukuran 2 kali lebih besar dari ukuran normal di dunia nyata.

Jenis buahnya sama dengan yang biasa dimakan manusia, yang membedakan hanya ukurannya saja. Ajaibnya buah raksasa ini akan berubah normal jika dibawa ke dunia nyata.

5. Saranjana disebut ada di peta Belanda

Dari perspektif historis ilmiah yang dianalisa oleh Mansyur, seorang dosen FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) jurusan sejarah.

Dalam postingan yang diunggahnya di Facebooknya, dari perspektif historis menurut Mansyur, Saranjana adalah fakta. Karena Salomon Muller, naturalis berkebangsaan Jerman dilahirkan di Heidelberg.

Dalam petanya berjudul ” Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo” (peta wilayah pesisir dan pedalaman Borneo), tahun 1845 ini menggambarkan wilayah yang ditulisnya sebagai Tandjong (Hoek) Serandjana. Tandjong ini terletak di sebelah selatan Pulau Laut yang tepatnya berbatasan dengan wilayah Poeloe Kroempoetan (Pulau Kerumputan) dan Poeloe Kidjang.

Solomon Muller sang pembuat peta yang juga anggota des Genootschaps en Natuurkundige Komissie in Nederlands Indie yang sudah mendapatkan pelatihan dari Museum Leiden dan sedang melakukan perjalanan penelitian tentang dunia binatang dan tumbuhan di kepulauan Indonesia. Belum dipastikan akuratnya peta yang digambar.

Peta ini dibuat 18 tahun sebelum Salomon Müller meninggal dunia pada tahun 1863.

Kota Saranjana yang disebut selalu ramai saat malam hari ini belum bisa dibuktikan secara valid keberadaannya. Meski begitu, banyak masyarakat yang mempercayai kebenaran cerita legenda ini.

Bagi penikmat horor misteri, kisah ini menarik diperbincangkan dan hingga kini Saranjana menjadi topik yang banyak dibahas content creator. Kalau kamu, apakah percaya adanya kota gaib megah Saranjana?