Laundry Self Service Hadir di Kota Bandung, Cek Lokasi dan Caranya Seperti Apa

  • Whatsapp

Halobdg, Inovasi laundry koin mulai menggeliat di Kota Bandung. The Daily Wash Laudromat hadir di Jalan Tata Surya, Kota Bandung, sebagai outlet ke-102 di seluruh Indonesia.

Proses cuci self service ini memiliki proses cukup mudah, pertama konsumen hanya cukup memasukan uang kertas pecahan Rp.10.000, Rp.20.000, Rp.50.000, atau Rp100.000 ke dalam mesin yang tersedia. Kemudian, koin khusus akan keluar dari mesin untuk digunakan konsumen.

Bacaan Lainnya

Sebagai informasi, mesin tersebut tidak bisa memberikan kembalian. Sehingga uang yang akan dimasukkan akan diganti seluruhnya oleh koin untuk mencuci. Jika ada lebih, koin tersebut bisa disimpan oleh konsumen dan menggunakannya kembali saat ingin mencuci.

Kedua, konsumen akan diberikan sabun pencuci cair untuk di masukan ke tempat khususnya. Selanjutnya, konsumen cukup memasukkan baju ke dalam mesin dan menunggu baju cuci selesai di giling.

Tidak butuh waktu lama, baju pun sudah bersih. Langkah selanjutnya, untuk pakaian menjadi kering masukan ke mesin cuci pengering dan masukan kembali koin yang sudah di dapatkan. Tunggu hingga cucian kering, lipat dan bawa pulang kembali ke rumah.

“Sebenarnya sistem ini sudah masuk ke Indonesia sejak 2014, sementara di luar negeri sudah 15 tahun lebih menggunakan sistem ini. Jadi kita perlu secara bertahap melakukan edukasi kepada masyarakat bagaimana self service,” ujar CEO Daily Wash Laundromat, Herlambang Prayatno kepada wartawan di lokasi, Sabtu (14/11/2020).

Ia menyebut, ada lima mesin cuci dan pengering yang disediakan untuk para konsumen. Satu mesinnya memiliki kapasitas maksimal 7 kilogram, dalam sehari 1 mesin mampu 10 kali melakukan gilingan.

“Target kami 50 lot (10 konsumen untuk setiap mesin) dalam per harinya. Kami juga ingin menginformasikan, bahwa meskipun hanya dua pakaian yang di cuci hitungannya tetap 7 kilogram atau 1 lot,” bebernya.

Saat ini, The Daily Wash Laudromat memberikan promo untuk tiga hari kedepan gratis bagi seluruh konsumen yang ingin mencuci pakaiannya. Selanjutnya selama sepekan akan diberikan promo Rp.10.000 untuk setiap mesin (cuci dan kering). Sehingga hanya merogoh kocek Rp.20.000 sudah mendapatkan baju bersih dan kering untuk siap digunakan kembali.

“Hari ke-11 kami baru akan mulai harga normal yakni Rp.20.000 untuk setiap mesin,” tambahnya.

Pria kelahiran asli Kota Bandung ini pun menyebut, di Bandung Raya baru ada lima cabang dan akan secara bertahap disebarluaskan. Saat ini, The Daily Wash Laundromat membuka drop wash, jika ada konsumen yang tidak bisa self service.

“Lagi pandemi gini bukannya gak mau buka banyak cabang, kita juga harus faham bahwa masih banyak masyarakat yang enggan untuk mencuci di tempat orang lain. Meskipun disini semua terjamin kehigienisannya,” tuturnya.

Herlambang bercerita, bahwa pandemi cukup memukul omset bisnisnya hingga turun 50% di beberapa daerah. Terutama, saat April 2020.(kha/**)

Pos terkait