Jabar  

Optimalisai Mesin Parkir Elektronik, Dishub Kota Bandung Gandeng Aparat Penegak Hukum

HALOBDG.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung akan mengoptimalkan penggunaan mesin parkir elektronik.

Bahkan pihaknya akan menggandeng aparat penegak hukum (APH) untuk mengawasi penggunaan mesin parkir elektronik di Kota Bandung.

Selain itu dua kali dalam sehari para petugas diterjunkan untuk mengecek penggunaan mesin parkir elektronik.

Langkah tersebut untuk mencegah kebocoran sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari mesin parkir.

“Optimalisasi mudah-mudahan para jukir dan pengguna parkir sudah mengetahui nilai angka parkir berapa dan mencegah kebocoran yang ada,” ujar Yogi kepada wartawan, senin (30/05/2022).

Selain itu masyarakat diharapkan semakin mengerti terkait penggunaan mesin parkir elektronik,” Itu optimalisasi kita benahi semua, mudah-mudahan masyarakat Kota Bandung semakin mengerti dan tahu mana yang legal dan ilegal,” katanya.

Yogi menuturkan optimalisasi mesin parkir elektronik di Kota Bandung yang mencapai 445 unit akan dilaksanakan selama 49 hari ke depan. Penggunaan mesin parkir elektronik akan difokuskan di pusat kota.

Baca juga: Cara Mudah Bayar Parkir di Mesin Elektronik yang Tersebar di Kota Bandung

“Alhamdulillah pemasukan mencapai Rp 400 juta, optimalisasi ini harus lebih dua kali lipat di atas Rp 1 miliar kalau bisa,” ucapnya.

Yogi mengutarakan, optimalisasi dilakukan dengan cara membagi petugas ke dalam dua sif untuk mengawasi penggunaan mesin parkir elektronik. Edukasi terus dilakukan kepada petugas juru parkir dan pengguna parkir.

Terkait keluhan juru parkir menyangkut kartu parkir (e-money) yang terbatas hanya beberapa bank, ia mengatakan juru parkir sudah dibekali kartu e-money untuk membantu transaksi pengguna parkir. Selanjutnya pengguna parkir akan membayar secara manual ke juru parkir.

Yogi menambahkan, pihaknya berupaya untuk mempermudah dan mempercepat pengguna parkir. Pihaknya juga pada malam hari akan menggandeng APH untuk mengawasi pengelolaan mesin parkir.

“Rencana ke depan malam hari kita Insya Allah menggandeng APH mudah-mudahan kita berjalan lancar. Mudah-mudahan PAD meningkat,” tandasnya. (*)