Mudik Lebaran 2022, Ini 6 Akses Jalan Tol Kota Bandung yang Bisa Digunakan

akses tol bandung untuk mudik lebaran
akses tol bandung untuk mudik lebaran/ bandung.go.id

HALOBDG.com – Pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik lebaran 2022. Bagi Anda yang akan keluar dan masuk ke Kota Bandung ada beberapa akses tol yang bisa digunakan.

Berdasarkan data dari Dishub Kota Bandung, prediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 29 hingga 30 April 2022 atau H-3 dan H-2 Idulfitri. Adapun prediksi puncak arus balik terjadi di tanggal 8 Mei 2022 atau H+5 Idulfitri.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Keselamatan dan Ketertiban Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kuswara menjelaskan, ada enam gerbang tol yang bisa digunakan pemudik yang hendak meninggalkan atau datang ke Kota Bandung.

Keenam akses jalan tol tersebut antara lain: Pasteur, Pasir Koja, Moh Toha, Kopo, Buahbatu, dan Cileunyi.

“Seperti biasa, ada tol Pasteur, Pasir Koja, Kopo, Moh Toha, Buahbatu dan Cileunyi yang bisa digunakan selama mudik lebaran,” terangnya, Senin 25 April 2022.

Baca juga: Syarat Terbaru Mudik Lebaran 2022 untuk Kendaraan Pribadi dan Umum

Tetapi selain keenam gerbang tol tersebut, Asep juga menyebut interchange kilometer 149 Gedebage bisa digunakan oleh pemudik.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan hal tersebut. Katanya, selama H-7 hingga H+7 Idulfitri, interchange kilometer 149 Gedebage bisa digunakan oleh pemudik dan menjadi fase ujicoba bagi akses keluar tol menuju Kota Bandung.

“Sesuai arahan Pak Wali Kota, memang interchange kilometer 149 tersebut bisa digunakan. Kami harap ini bisa mengurai kemacetan yang berpotensi terjadi di enam gerbang tol yang tersedia,” kata Asep.

Ia juga mengingatkan kepada para pemudik untuk senantiasa mengikuti arahan dari petugas lalu lintas di jalan.

Menurut Asep, hal ini akan berkaitan dengan kenyamanan pemudik lain, sebab mudik lebaran tahun ini diprediksi akan menimbulkan kemacetan hingga tiga kali lipat.

Baca juga: Mau Mudik Gratis? Ini Link Pendaftaran Lengkap dengan Syarat dan Caranya

Selain itu, Asep juga mengingatkan para pemudik untuk memastikan kesehatan fisik dan juga kelayakan kendaraan.

“Pastikan yang mudiknya sehat, kendaraannya laik jalan. Begitu juga pas arus balik. Hati-hati di jalan, semoga selamat sampai tujuan dan selamat berkumpul dengan keluarga,” ucapnya.