VIDIO: Detik-Detik Bangunan Tiba- tiba Roboh di Atas Kirmir Kali Cibeunying Bandung

HALObdg – Sebuah bangunan tiba-tiba roboh di atas kirmir anak kali Cibeunying RW.05 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Kejadian tersebut diketahui lewat unggahan vidio di akun resmi instagram DPU Kota Bandung, Sabtu (2/5/2020).

“Hujan semalam dengan durasi yang panjang serta debit air yg besar membuat kirmir di bawah bangunan cukup tergerus, karena tidak ada lagi pondasi bangunan, alhasil pondasi sekitar semakin retak dan akhirnya sabtu pagi bangunan tersebut roboh,” tulis DPU Kota Bandung.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut karena penghuni bangunan tersebut sudah dievakuasi terlebih dahulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” tulisnya lagi.

DPU Kota Bandung menghimbau agar masyarakat Kota Bandung tidak lagi membangun apapun di atas kirmir sungai.

“Mari kita pastikan jangan ada lagi bangunan apapun diatas kirmir sungai yaa, karena bisa berakibat fatal akibatnya. Apalagi disaat musim hujan seperti ini. Yuk kita kembalikan fungsi kirmir sungai sebagai Tembok Penahan Tanah untuk mengantisipasi tanah tergerus oleh aliran air sungai atau longsor,” katanya.

Aturan terkait garis sempadan sungai telah ada pada Permen PUPR No.28/PRT/M/2015 Tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai dan Garis Sempadan Danau, Bab II Pasal (7) yang menyatakan
Garis sempadan sungai bertanggul di dalam kawasan perkotaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2) huruf c, ditentukan paling sedikit berjarak 3 (tiga) meter dari tepi luar kaki tanggul sepanjang alur sungai. (han)
.

Pos terkait