Sport  

Pengcab Muay Thai Kota Bandung Gelar Seminar Sertifikasi Grading Pelatih Muay Thai Boran

BANDUNG-Pengurus Cabang (Pengcab) Muay Thai Kota Bandung menggelar Seminar sertifikasi Grading  Pelatih Muay Thai Boran, di Hotel Mitra Sabtu (11/12/2021).

Acara dibuka Ketua Pengcab Muay Thai Kota Bandung, AKBP Dr Hanjaya Fatah, MMpd. Event itu diikuti oleh 20 peserta dari 20 camp di Bandung.

Seminar pelatihan tersebut di isi langsung oleh nara sumber Master Aji Susilo, Komentator One Championship, One Pride MMA dan UFC , fonder PAKSI, Juara dunia MMA Indonesian MMA Pioner.

Selain Master Aji Susilo, event sertifikasi dihadiri langsung oleh KRU Rakthai Khan 13 dari Thailand dan Jhe Jhe Jose Mada Khan 12, asisten penguji.

Ketua Pencab Muay Thai Kota Bandung, Dr Hanjaya Fatah menyambut baik kegiatan yang dihelat selama dua hari .

”Kami berharap seminar pelatih ini akan menghasilkan para pelatih/trainer yang berkualitas di Kota Bandung. Meningkatkan skill agar bisa mengolah dan menciptakan atlit yang mumpuni dan yang penting para pelatih mempunyai standarisasi teknik Muaythai agar bisa berdikari secara mandiri dalam pengolahan camp,”ujar Hanjaya.

Menjadi Pelatih Muay Thai yang Mumpuni

Aji Susilo mengatakan pelatih Muay Thai (Martial arts trainer) adalah orang yang mengajarkan seni beladiri sebagai sebuah olahraga. Seorang pelatih hanya bertanggung jawab atas teknik dan strategi serta prestasi siswanya.

“Saya secara pribadi kurang setuju dengan istilah trainer, coach atau intruktur karena seni beladiri bukan hanya sekadar olahraga tetapi juga olah rasa dan jiwa. Karena hal itu, seorang pelatih seni beladiri lebih tepat jika disebut dengan sebutan guru,”ujar Aji Susilo.

“Seni beladiri tidak hanya mengajarkan anda tentang bagaiamana cara bertarung menghadapi musuh dalam diri, yakni hawa nafsu,”paparnya.

Kru Raktai sangat antusias melihat perkembangan olahraga Muay Thai Boran mulai di lirik.”Saya berharap bukan hanya di Kota Bandung. Tapi kedepanya bisa tersebar di seluruh Indonesia,”ungkap Kru Raktai.

Nara sumber Jhe-Jhe Jose Mada menjelaskan tujuan dari sosialisasi Up Grading Test (UGT) selain menyatukan visi dan misi pengurus dan camp. Pemeratan atas standarisasi kurikulum Muay Thai, memudahkan pelatih memberikan materi serta meningkatkan kualitas pembinaan atlet.

“Saya berharap para pelatih atau pun camp bisa  berkembang secara baik. Sehingga para pelatih bisa mendapatkan Kesejahteraan menuju pasif income,”ujar Jhe Jhe.

Peserta sertifikasi Bambang Supriharjo SE, mengatakan sangat berterimakasih dengan digelarnya kegiatan ini. Semoga Visi dan Misi Pengcab MI Kota Bandung tercapai dan sukses. Sehingga menciptakan prestasi dalam mewujudkan Bandung juara.(agh)