Mengenal Cantiknya Curug Cijalu Subang

  • Whatsapp

SUBANG,- Keindahan Curug Cijalu memang bukan rahasia umum lagi. Pemandangan jatuhan airnya sungguh menghipnotis. Tak heran jika banyak pengunjung rela menghabiskan tenaganya untuk mencapai titik Curug yang berada di ketinggian.

Curug Cijalu sendiri berada di kawasan hutan milik Perhutani KPH Bandung Utara BKPH Cisalak. Dalam pengelolaannya, Perhutani KPH Bandung Utara bekerjasama dengan pihak ketiga yakni CV Gilang Kencana.

Bacaan Lainnya

Curug ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Jauh sebelum mencapai titik curug, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam berupa pemandangan indah sepanjang jalan.

Sesampainya di lokasi parkir, pengunjung harus menempuh perjalanan kaki beberapa ratus meter dengan iringan merdunya suara burung dan jatuhan air dari kejauhan ditambah udara segar yang menerpa. Letih lelah selama perjalan kaki langsung terbayar dengan pemandangan indah serta segarnya air Curug Cijalu.

Asper Cisalak Wawan Irawan menyebutkan di lokasi wisata Curug Cijalu pengunjung bisa mendapati dua buah curug yang eksotis. Satu curug tingginya sekitar 40 meter, sedangkan yang satu lagi sekitar 75 meter. Di sana pengujung bisa bermain air, ber-swafoto, hiking, camping, foto pre-wedd dan lainnya.

“Untuk fasilitas kami sudah sediakan toilet, mushola, area parkir dan banyak lagi,” katanya Kamis, (17/9).

Wawan mengatakan selain pemandangan curug yang indah, pengunjung juga akan disuguhkan dengan kesegaran serta kesejukan udara khas hutan lindung yang masih alami. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan berbagai macam flora seperti pohon pakis, pinus dan lainnya. Sementara untuk faunannya, di sini masih terdapat beberapa ekor monyet ekor panjang.

Terpisah, Penanggung Jawab Lapangan PT Gilang Kencana Iqbal Sulaeman menerangkan jika dalam kondisi normal, saat weekend pengunjung bisa mencapai seribu orang. Namun, saat ini pengunjung terpaksa harus dibatasi karena mengikuti arahan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19.

“Curug Cijalu sudah dinilai oleh satgas covid-19 siap untuk dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19. Oleh sebab itu, pengunjung yang datang wajib memakai masker. Selain itu, di lokasi wisata juga disediakan sarana mencuci tangan, banner himbauan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, himbauan untuk jaga jarak dan lainnya,” paparnya.

Curug Cijalu ini berada di Desa Cipancar Kecamatan Sarang Panjang Kabupaten Subang. Untuk mencapai lokasi wisata, pengunjung yang datang dari arah Purwakarta harus menuju perempatan Sarang Panjang sekitar 35 kilometer. Seteleh itu, tinggal menuju lokasi wisata sekitar 7 kilometer.

Sementara yang datang dari arah Subang, lanjut menuju perempatan Sarang Panjang lalu dilanjutkan menuju lokasi wisata. Untuk mencapai lokasi, bisa menggunakan angkutan umum dan ojek. (jar)

Pos terkait