Waspada Corona, Ini 15 Panduan Ibadah Ramadan dan Salat Idul Fitri dari Kemenag

  • Whatsapp
Menteri Agama Fachrul Razi
Menteri Agama Fachrul Razi

HALObdg – Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan surat edaran nomor 6 tahun 2020 tentang panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi wabah virus Corona atau Covid-19.

“Surat Edaran ini dimaksudkan memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan Syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi pegawai serta masyarakat muslim di Indonesia dari risiko Covid-19,” kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam keterangannya, Senin (6/4/2020).

Bacaan Lainnya

Dalam surat edaran tersebut, Fachrul mengimbau umat muslim di Indonesia untuk melakukan tarawih dan tadarus di rumah selama Ramadan.

Selain salat tarawih, pelaksanaan salat idul fitri yang biasanya diadakan secara berjamaah di masjid atau pun dilapangan ditiadakan. Untuk itu, ia berharap terbitnya Fatwa MUI menjelang waktunya.

Menag juga memberikan panduan terkait pengumpulan dan penyaluran zakat di saat umat Islam di Indonesia menghadapai pandemi Corona.

Fachrul mengharapkan, umat Islam senantiasa dapat memperhatikan instruksi Pemerintah Pusat dan Daerah. Hal ini sebagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Semua panduan di atas dapat diabaikan bila pada saatnya telah diterbitkannya pernyataan resmi pemerintah pusat untuk seluruh wilayah negeri, atau pemerintah daerah untuk daerahnya masing-masing, yang menyatakan keadaan telah aman dari Covid-19,” kata Fachrul.

Berikut ini panduan lengkap surat edaran Kemenag tersebut:

1. Umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan baik berdasarkan ketentuan fikih ibadah.

2. Sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti, tidak perlu sahur on the road atau ifthar jama’i (buka puasa bersama).

3. Shalat tarawih dilakukan secara individual atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah.

4. Tilawah atau tadarus Al Qur’an dilakukan di rumah masing-masing berdasarkan perintah Rasulullah SAW untuk menyinari rumah dengan tilawah Al Qur’an.

Pos terkait