5 Alternatif Pakan Ikan Cupang Selain Jentik Nyamuk

  • Whatsapp
Ikan Cupang/Foto: pixabay

HALO BDG – Belakangan ini ikan cupang kembali naik daun, di pasaran pecinta ikan. Ikan yang memiliki nama latin Betta ini memiliki banyak sekali jenis dan warna yang sedap dipandang mata.

Dari anak-anak hingga orang dewasa rela untuk memelihara ikan air tawar ini. Untuk memelihara cupang memang gampang-gampang sulit, pasalnya selain harus memperhatikan kondisi air, pakan cupang juga perlu diperhatikan.

Bacaan Lainnya

Pemberian pakan yang baik, juga dapat mempengaruhi warna pada ikan cupang sebanyak 15-20 % selain dari kesehatan dan keberlangsungan hidup ikan.

Biasanya jentik nyamuk sudah menjadi pilihan umum yang digunakan sebagai pakan ikan Cupang. Ya selain untuk membasmi jentik nyamuk ternyata tidak perlu repot dengan obat-obatan tertentu, cukup berikan jentik-jentik tersebut kepada cupang, dan mereka akan dengan lahap memakan jentik tersebut.

Jika tidak ditemukan, banyak sekali tempat penjual ikan sengaja menjual jentik sebagai makanan cupang, namun yang harus diperhatikan adalah bagaimana jentik tersebut segera habis diberikan untuk cupang sebelum menjadi nyamuk.

Berikut Alternatif Pakan Ikan Cupang yang dapat Diberikan

1. Cacing Darah atau Blood Worm.

Blood Worm adalah cacing yang biasa hidup di aliran sungai atau selokan, merupakan makanan yang sangat disukai oleh ikan cupang. Jika Bloodworm masih sisa, akan awet jika disimpan di wadah yang memiliki airator atau disimpan dibekukan dalam lemari es.

2. Kuning Telur

Makanan ikan cupang yang kaya akan protein salah satunya adalah kuning telur. Namun sebelum diberikan pada ikan cupang, kuning telur tersebut harus direbus atau dikukus terlebih dahulu.

Pastikan juga tidak terlalu banyak dan sering memberi kuning telur, karena sisa-sisa pakannya bisa mengotori akuarium ikan cupang yang dapat mengganggu kesehatannya.

3. Kutu Air

Selain jentik nyamuk, ternya kutu air juga dapat dijadikan pakan cupang. Para penjual biasa menjual seharga 2.500-4.000 Rupiah perplastiknya.

4. Pelet 

Selain makanan hidup, cupang juga menyukai makanan kering seperti pelet ikan. Namun pelet yang digunakan haruslah pelet berukuran kecil khusus untuk ikan hias.

5. Cacing kering

Pakan praktis untuk ikan cupang ini dapat dibeli dengan mudah di toko-toko ikan dengan harga yang bervariatif.

Itulah beberapa alternatif pakan yang bisa diberikan bagi ikan cupang, semoga bermanfaat. (bayu)