Korban Corona Terus Bertambah, Kota Bandung Tetapkan Status KLB Covid-19

  • Whatsapp

Halobdg – Wali Kota Bandung Oded M Danial menetapkan Kota Bandung KLB (Kejadian  Luar Biasa) Virus Covid-19. Penetapan KLB ini lantaran jumlah Korban di Kota Bandung sudah bertambah.

Berdasarkan data terakhir Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov) Bandung hingga Senin (30/03/2020) ada 20 kasus positif 3 sembuh 8 meninggal 9 dirawat.

Bacaan Lainnya

Sementara total orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 422 dan pasien dalam pangawasan (PDP) 70 kasus.

Karena itu, Pemkot Bandung dan Forum Komunikasi daerah (Forkopinda) membuat gugus tugas untuk koordinasi mengenai penanganan corona.

“Jadi Kota Bandung sudah dalan keadaan KLB. Oleh karena itu, kita sudah rapat dengan Forkopinda untuk membuat gugus tugas penanganan Corona,” ujar Oded, Senin (30/3).

Oded mengatakan, dalam gugus tersebut dirinya menjadi Ketua, dengan wakil Kapolrestabes dan Dandim. Sedangkan ketua hariannya Sekda Kota Bandung.

“Tugas gugus komando ini adalah, bagaimana penangnaycovie-19. Jadi semua satu komando,” katanya.

Dengan dibentuknya gugus tugas ini, maka penganggaran jadi lebih fleksibel. Termasuk kemungkinan melakukan pergeseran anggaran, sesuai instruksi mentri keuangan.

“Yang memungkinkan untuk dilakukan pergeseran yaitu anggaran di DKK (Dinas Kesehatan Kota Bandung,” jelasnya.

Menurutnya, dana yang sudah cair sudah ada Rp23 milyar sisanya ada di pergeseran. Yang jelas, kata Oded anggaran untuk infrastruktur tidak terganggu.

Namun, yang menjadi kendala sekarang, meski uangnya ada, apakah stok barangnya juga tersedia.

“Karena itu, kita selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan selain anggarannya ada, stoknya juga tersedia,” pungkasnya.

Baca Wabah Corona di Kota Bandung Meningkat, Berikut Penjelasannya.

Sementara terkait karantina wilayah Di Kota Bandung. Pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah tetangga termasuk berkoordinasi kemungkinan diberlakukannya karantina lokal.

“Untuk antarwilayah, Kota Bandung sudah berdiskusi dengan Cimahi, Sumedang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Kami berdiskusi dengan kepala daerah yang lain. Kita sedang melihat situasi perkembangannya seperti apa,” kata Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Senin (30/3/2020).

Hal ini perlu dilakukan karena wilayah Kota Bandung berbatasan dan sangat dekat dengan wailayah lainya.

Baca: Penting Diketahui, 16 Poin Kebijakan Baru Wali Kota Bandung Terkait Penanganan Pandemi Corona

Secara geografis, ada tiga daerah lain yang berbatasan dengan Kota Bandung. Ketiganya yaitu Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

“Saat ini kami terus berkomunikasi dan meminta kepada para pakar atau ahli untuk mengakaji dulu mana saja wilayah yang harus di karantina,” bebernya.

 

Pos terkait