News  

190 Anak Positif Corona, Gugus Tugas Jabar: Anak-Anak Jangan Dibawa Berwisata

90 Anak di Jabar Positif Corona, Gugus Tugas: Anak Jangan Dibawa Berwisata

HALObdg – Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Daud Achmad mengatakan saat ini lebih dari 100 anak di Jawa Barat dinyatakan terpapar virus Corona.

“Di Jabar memang sudah ada anak-anak yang terpapar. Ada sekitar 190 anak yang telah positif Covid-19,” ungkapnya dalam konferensi pers di Gedung Sate Bandung, Senin (6/7/2020).

Daud mengingatkan, di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) anak-anak tetap rentan akan penularan virus Covid-19.

Maka, ia meminta orang tua untuk tidak membawa anak-anak ke luar rumah. Lebih khususnya lagi, Daud menyoroti tempat wisata yang kini telah mulai dibuka.

Daud mengaku mendapat laporan bahwa, tak sedikit masyarakat yang berani membawa anaknya berwisata. Padahal hal tersebut dinilai sesuatu yang riskan penularan.

“Jadi, saya ada informasi dari gugus tugas nasional, bahwa dengan telah dibukanya beberapa kegiatan, terutama tempat wisata alam terbuka, ini banyak masyarakat yang membawa anak-anak,” tuturnya.

Daud menyampaikan, anak-anak dinilai termasuk kategori rentan penularan. Meskipun kini Jabar telah memasuki masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), namun orang tua diminta agar sebaiknya menjaga anak tetap di rumah.

“Anak-anak itu rentan terhadap penyebaran Covid-19. Maka supaya di masa AKB ini, masyarakat tidak membawa anak-anak ke luar rumah,” imbuhnya.

Sementara terkait penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di usia anak, Daud belum menjelaskan secara rinci. Ia mengatakan, hal itu akan disampaikan lebih lanjut.

“Nanti terkait penanganannya seperti apa akan kembali diinformasikan, insyallah besok akan disampaikan,” jelasnya. “Anak-anak harus diupayakan agar tetap tinggal di rumah karena mereka itu rentan,” pungkasnya. (hns)