News  

2.259 Keluarga Penerima Bansos Tidak Lagi Terima Bantuan dari Kemensos

Menteri Sosial, Tri Rismaharini/ Foto: kemensos.go.id

HALOBDG.COM – Sebanyak 2.259 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) resmi mengakhiri masa kepesertaan mereka dalam program bantuan sosial (bansos) Kementerian Sosial (Kemensos).

Mereka dinyatakan telah mampu secara finansial dan tidak lagi memerlukan bantuan karena telah memiliki penghasilan di atas Upah Minimum Kota (UMK).

“Sebagian besar juga dari PM Vokasional untuk mereka bisa mandiri, memang ada yang passion-nya (semangat) mereka sebagai pengusaha. Tapi ada yang passion-nya bekerja,” ungkap Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sabtu (9/12/2023).

Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan Graduasi Pena dan Tatarupa Nusantara 2023 di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta. Risma menegaskan total KPM Program Pena yang telah resmi keluar mencapai 10.073 keluarga sejak program dimulai pada Desember 2022.

Sebelum dinyatakan lulus, para KPM tersebut melalui masa pemantauan selama tiga bulan guna memastikan pendapatan mereka telah stabil. Slot KPM yang telah keluar tersebut akan segera digantikan dengan warga miskin lainnya yang diajukan oleh daerah maupun masuk melalui usulan masyarakat.

“Kami akan melakukan penilaian dan verifikasi data terlebih dahulu sebelum warga tersebut resmi menjadi KPM program bantuan,” imbuh Risma.