News  

Cara Daftar Kartu Prakerja Terbaru Agar Bisa Lolos Lengkap dengan Syaratnya

Cara daftar Kartu prakerja
Cara daftar Kartu prakerja

HALOBDG.com – Pemerintah telah membuka pelatihan program Kartu Prakerja untuk membantu para pencari kerja dengan meningkatkan keterampilan melalui pelatihan online maupun offline.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Pendaftaran Kartu Prakerja akan dibuka secara online melalui website www.prakerja.go.id.

Peserta yang terdaftar di program Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta.

Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali.

Secara keseluruhan, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 20 triliun untuk program tersebut.

Dari total anggaran pelaksanaan Rp 20 triliun, rinciannya sebesar Rp 5,6 triliun untuk biaya pelatihan, insentif sebesar Rp 13,45 triliun, dana survei Rp 840 miliar, dan PMO Rp 100 juta.

Syarat dan cara mendaftar Kartu Prakerja

Cara mendaftar Kartu PraKerja bisa dilakukan melalui situs https://www.prakerja.go.id

Untuk mendaftar Kartu Prakerja, pertama anda harus membuat akun prakerja terlebih dahulu. Daftarnya bisa menggunakan email atau nomor telpen yang aktif.

Setelah daftar akun prakerja selanjutnya pendaftar wajib mengisi data pada situs www.prakerja.go.id dengan menggunakan nama dan data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah.