News  

Catat! Jadwal, Tarif dan Rute Bus Trans Metro Pasundan yang Resmi Beroperasi di Bandung

BANDUNG, HALOBDG.com – Berikut Jadwal, Rute dan tarif Bus Trans Metro Pasundan yang resmi beroperasi di Kota Bandung, pada Senin (27/12/2021).

Trans Metro Pasundan merupakan program pengembangan angkutan massal dari Kementerian Perhubungan yang didukung dengan skema layanan Buy the Service (BTS) dengan nama Teman Bus (Transportasi Ekonomis Mudah Andal dan Nyaman).

Bus Trans Metro Pasundan akan melayani lima rute yang melintasi wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

Saat ini bus Trans Metro Pasundan yang sudah siap beroperasi yakni koridor 5 dengan rute Dipatiukur – Jatinangor (Via Tol).

Rute Trans Metro Pasundan

– Koridor 1: Leuwipanjang – Soreang

– Koridor 2: Kota Baru Parahyangan (Padalarang) – Alun-Alun Kota Bandung

– Koridor 3: Baleendah — BEC

– Koridor 4: Leuwipanjang — Dago

– Koridor 5: Jatinangor — Dipatiukur (Via Tol)

Untuk jadwal Trans Metro Pasundan akan melayani penumpang pada jam operasional mulai dari pukul 05.00 – 21.00 WIB.

Sedangkan tarif Trans Metro Pasundan saat ini masih gratis, namun kedepanya akan dikenakan Rp2.500 untuk pelajar dan Rp5.000 untuk umum.

“Saat ini masih gratis, namun ke depannya kami sedang siapkan skema dengan tarif yang sangat terjangkau,” kata Menteri Perhubungan Budi Setiyadi saat meresmikan Trans Metro Pasundan di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Dipati Ukur Kota Bandung.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum didampingi Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, meresmikan Bus Trans Metro Pasundan, Senin (27/12/2021).

“Untuk BTS Trans Metro Pasundan akan menjadi backbone bagi angkutan massal perkotaan di kota Bandung dan sekitarnya. Ke depannya tidak menutup kemungkinan ada aglomerasi Cirebon maupun Karawang akan kami siapkan,” kata Budi.

Kehadiran Trans Metro Pasundan diharapkan menjadi solusi untuk permasalahan kemacetan di kawasan Bandung Raya. Selain itu, angkutan massal ini juga diharapkan dapat mengurangi polusi udara.

“Mudah-mudahan kegiatan flag off Trans Metro Pasundan yang akan kita siapkan 5 koridor ke depannya ini akan memperbaiki polusi udara dan mengurai kemacetan. Sebetulnya untuk Bandung dan Surabaya sedang kami upayakan menggunakan bus listrik di tahun 2022,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berharap, masyarakat bisa memanfaatkan bus tersebut untuk mengurangi permasalahan polusi udara yang disebabkan oleh pemakaian kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil.

“Jangan mentang-mentang punya motor, punya mobil, bensin ada, sedikit-sedikit naik mobil pribadi. Mohon ada kesadaran, perubahan paradigma. Mari kita gunakan transportasi massal, untuk kemaslahatan bersama,” kata dia.

Uu menuturkan, permasalahan polusi ini memang akibatnya tidak bisa dirasakan langsung, namun dalam jangka waktu lama polusi dari kendaraan akan terasa.

“Dan hari ini Jawa Barat sudah merasakannya. Oleh karena itu harapan kami masyarakat di Bandung Raya bisa memanfaatkan program ini karena yakin ini demi kemaslahatan dan kemanfaatan,” kata dia.