News  

Jika Warga Terpantau Berkerumun, Pemkot Bandung Berencana Dirikan Check Point dan Tutup Jalan

Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna saat memantau mal di Kota Bandung.

HALObdg.com – Kota Bandung naik level masuk zona biru level kewaspadaan Covid-19 berdasar hasil evaluasi Gugus Tugas Jabar.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengingatkan warganya dapat menerapkan protokol kesehatan. Dengan harapan, Kota Bandung tak lagi turun level, malah sebaliknya dapat naik ke zona hijau dari biru saat ini.

Baca juga: Kota Bandung Menuju Zona Hijau, Warga Jangan Dulu Euforia

“Jangan euforia dengan label (zona biru) sekarang. Saya tidak ingin balik arah ke (zona) kuning atau merah,” ujar Ema kepada wartawan, Selasa (7/7/2020).

Jika masih terpantau adanya euforia atau  kerumuman yang dapat menyebabkan paparan virus covid- 19, Ema mengatakan, bakal berkoordinasi dengan Kepolisian untuk kembali menutup jalan guna membatasi kegiatan warga.

Tak hanya itu, Ema berencana kembali mendirikan check point. Tujuannya untuk memeriksa para warga dan pendatang atau pengunjung ke Kota Bandung.

“Sedang dipikirkan semacam check point lagi. Ada ring 1, ring 2 dan ring 3. Di ring 3 ini dari Dishub dan Satpol PP,” katanya.

Ema berharap, jika ada warga luar Kota Bandung berasal dari zona kuning atau hitam untuk memiliki kesadaran diri.

Salah satunya dengan memiliki surat keterangan bebas Covid–19 sehingga tidak terjadi penyebaran.

“Diharapkan kesadaran dari yang bersangkutan. Contohnya dari zona merah, memiliki inisiatif rapid test sampai swab. Jangan sampai menjadi potensi memaparkan,” katanya. (hns)